Kategori Hibah

Kategori Hibah Cipta Media Seluler adalah sistem klasifikasi spesifik yang membedakan permohonan upaya pembiayaan.

Ada tiga kategori permohonan hibah:

  1. Produksi & Penyampaian Konten
    Pembiayaan hibah untuk kategori ini termasuk upaya-upaya untuk:

    • Kegiatan produksi dan penyampaian konten multimedia (teks, video, games, ringtone, audio, animasi) yang dapat diakses perangkat seluler.
    • Konten yang diprioritaskan adalah yang bermuatan lokal dan mengusung kebhinekaan (keberagaman) untuk perubahan sosial yang lebih adil.

  1. Rekayasa Piranti Lunak
    Pembiayaan untuk kategori ini termasuk upaya-upaya untuk:

    • Menciptakan, mengoptimalisasi dan memodifikasi piranti lunak (aplikasi) atau platform baru maupun yang sudah ada yang dapat digunakan dengan perangkat seluler.
    • Lebih diutamakan apabila piranti lunak yang dihasilkan bisa memiliki fungsi yang spesifik bagi pengguna yang tepat.

  1. Rekayasa Perangkat Keras
    Pembiayaan untuk kategori ini termasuk upaya-upaya untuk:

    • Menciptakan dan merakit perangkat keras (infrastruktur) dalam memanfaatkan teknologi seluler, seperti jaringan wifi, bluetooth, peer to peer, dan seluler GSM.
    • Menambah perangkat ekstra agar perangkat sebelumnya berfungsi spesifik untuk masyarakat dengan kebutuhan khusus dalam berkomunikasi.

    Kriteria Penilaian

    Setiap permohonan hibah yang masuk akan ditinjau oleh Tim Seleksi Awal yang kemudian akan memilih beberapa yang dianggap baik. Sementara itu, beberapa permohonan hibah akan dipilih melalui seleksi publik. Seluruh permohonan hibah yang terpilih ini kemudian akan diminta untuk memasukkan proposal yang lebih lengkap untuk diajukan pada Tim Developer dan Tim Seleksi Akhir.

    Berikut adalah beberapa kriteria yang akan dipertimbangkan oleh Tim Seleksi:

    1. Penyelesaian masalah – apakah upaya yang Anda usulkan memiliki potensi penyelesaian masalah dengan memanfaatkan teknologi seluler?

    2. Inovasi – apakah upaya yang Anda usulkan menawarkan terobosan dalam menggunakan teknologi seluler?

    3. Replikasi – apakah upaya yang Anda usulkan memiliki potensi untuk diterapkan pada daerah lain di Indonesia di luar area-area geografis proyek tersebut?

    4. Kelayakan – apakah upaya yang Anda usulkan sesuai dengan persyaratan yang diajukan oleh Cipta Media Seluler dan masuk dalam jangka waktu yang dapat dikelola?

    5. Target – apakah upaya yang Anda usulkan menguntungkan untuk kelompok rentan ataupun populasi-populasi yang tersisihkan?

    6. Keberlanjutan – apakah upaya yang Anda usulkan memiliki potensi untuk terus berjalan setelah dukungan dari Cipta Media Seluler berakhir?


    Untuk penjelasan mengenai hibah dan tujuannya, Anda dapat merujuk pada pranala “Tentang Hibah“. Untuk pertanyaan mengenai kategori hibah Anda dapat menulis langsung pada kolom komentar di halaman daftar pertanyaan umum, apabila pertanyaan yang akan Anda tanyakan belum terdapat dalam daftar tersebut.