Sebanyak 250 Perempuan dari 27 Provinsi di Indonesia Mendaftarkan Hibah Cipta Media Ekspresi



Siaran Pers

Untuk disebarluaskan

Jakarta, 21 Februari 2018

Sebanyak 250 Perempuan dari 27 Provinsi di Indonesia Mendaftarkan Hibah Cipta Media Ekspresi

peta-sebaran-cme

Satu bulan menjelang tutup pendaftaran, Cipta Media Ekspresi - hibah untuk perempuan pelaku kebudayaan di segala bidang seni - telah menerima lebih dari 250 permohonan sampai tanggal 20 Februari 2018 yang berasal dari 27 provinsi. Lokasi asal pendaftar terbanyak berasal dari Jawa Timur dengan 33 permohonan, disusul dengan Yogyakarta (30), Jawa Tengah (28), Jawa Barat (23), dan DKI Jakarta (16) hanya selisih sedikit dari yang berasal dari Nusa Tenggara Timur (13).

Dari seluruh permohonan, kategori yang paling banyak diminati adalah Kerjasama/Kolaborasi (66 permohonan), diikuti dengan Riset/Kajian/Kuratorial (58) dan Akses (58), sementara kategori Lintas Generasi dipilih oleh 29 pemohon hibah.

Upaya-upaya menarik yang baru, segar, mempertanyakan tabu, melestarikan tradisi, mengkritik lingkungan, hingga upaya mempertajam kemampuan seniman dapat dilihat pada halaman pemohon hibah Cipta Media Ekspresi yang terbuka untuk dikomentari secara publik. Beberapa permohonan hibah mendapatkan kritik membangun, doa, hingga pujian. Ada karya yang mempertanyakan stigma masyarakat terhadap perempuan yang telah menikah dan tidak memiliki anak dari Yogyakarta, penelusuran sejarah tenun ikat Ende dari NTT, rekonstruksi kosa gerak melalui maestro tari yang sepuh dari Bali, hingga rekaman keseharian dalam bentuk video ringkas dari Papua.

Sementara itu tim inti Cipta Media Ekspresi yang terdiri dari delapan juri perempuan dan tiga panitia tengah melakukan sosialisasi di 18 kota di Indonesia. Daerah yang tercakup dalam rencana sosialisasi program ini adalah Solo, Yogyakarta, Malang, Pontianak, Medan, Kupang, Waikabubak, Waingapu, Makassar, Palu, Mataram, Jayapura, Banda Aceh, Jailolo, Ternate, Cirebon, Indramayu dan Bandung.

Rangkaian acara ini selain membawa kabar tentang hibah, juga menjadi forum berkenalan antar sesama pelaku seni budaya perempuan yang selama ini sulit bertemu. Sementara di Kupang, perempuan peserta acara sosialisasi secara terbuka saling berkonsultasi tentang gagasan proyek mereka.

Para peminat program hibah ini bisa mendapatkan informasi dari situs www.ciptamedia.org. Situs web Cipta Media Ekspresi meskipun dibuat terutama untuk perempuan, ternyata juga menarik bagi para lelaki. Sebanyak 60 persen pengunjung situs web program ini adalah perempuan dan 40 persen sisanya adalah lelaki.

Cipta Media Ekspresi yang diluncurkan sejak 8 Januari 2018 lalu adalah program hibah tunai senilai total 3,5 milyar rupiah yang disediakan untuk membuka lebih banyak kesempatan berkarya dan berbagi gagasan di bidang seni budaya bagi perempuan di Indonesia. Pendaftaran ditutup tanggal 25 Maret 2018 dan diumumkan pada 21 April 2018. Panitia bisa dihubungi melalui info@ciptamedia.org atau via SMS/WhatsApp di 0821-1172-4732

SELESAI

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi surel: info@ciptamedia.org.

Wikimedia Indonesia (www.wikimedia.or.id) adalah perkumpulan (asosiasi) independen yang didirikan dan dibiayai sendiri oleh para sukarelawan Indonesia. Asosiasi ini didirikan untuk mendukung upaya-upaya pengadaan dan penyebarluasan materi-materi pengetahuan bersumber terbuka dalam bahasa Indonesia dan bahasa-bahasa lain yang dipertuturkan di Indonesia.

Tags: