Masalah Buruh Perempuan Berlapis, Solusinya?



Masalah-Buruh-Perempuan-Berlapis-Solusinya-400x343.jpg

Dian Septi Trisnanti dari Radio Marsinah FM mengatakan, saat ini buruh perempuan menghadapi persoalan yang berlapis. Pertama, mereka banyak terserap di sektor informal dan industri padat karya yang dianggap tidak membutuhkan keterampilan. Kedua, diskriminasi gender di tempat kerja, rumah, jalanan dan masyarakat. Di tempat kerja buruh perempuan mendapat diskriminasi dalam hal upah (upah rendah). Di jalanan mereka kerap kali mengalami pelecehan seksual. Lalu, setibanya di rumah mereka pun harus mengerjakan urusan domestik. Sementara itu, di masyarakat buruh perempuan dipandang lemah, tidak bisa memimpin dan selalu disalahkan ketika dilecehkan. Kondisi ini akhirnya menggerakkan Dian untuk membuat proyek Lingkar Suara Buruh Perempuan. Seperti apa ya proyeknya? Coba kita simak wawancara dengan Ibu Dian.

T: Apa itu Lingkar Suara Buruh Perempuan?

J: Sebuah grup diskusi bagi buruh perempuan berbasis Whatsapp, Black Berry Messenger dan Facebook. Grup ini dikhususkan untuk mereka yang berada di Jakarta, Tangerang, Surakarta, Semarang dan Sidoarjo. Kota tersebut dipilih karena kami mempunyai jaringan di sana (ada sumber daya manusia yang akan mengurus grup ini) dan memang kota yang memiliki banyak industri.

T: Berapa banyak grup diskusi yang dibuat? Dan apa saja yang akan dibahas di grup tersebut?

J: Ada 12 grup diskusi. Tujuh diantaranya dibuat berdasarkan tema, sisanya berdasarkan teritori. Grup berbasis teritori ini temanya beragam sehingga dapat mengakomodasi isu buruh perempuan di tingkat lokal. Hal yang dibahas di grup diskusi berganti-ganti, setiap minggunya akan ada tema tertentu, seperti kesejahteraan dan kesetaraan. Tema tersebut pun bisa dipecah menjadi sub tema. Misalnya, bagaimana menghadapi penggoda di tempat kerja.

T: Hasil diskusi apakah bisa dilihat oleh publik?

J: Ya, hasil diskusi akan dipublikasikan di situs web Marsinah FM. Tidak hanya itu, kiriman berita dari buruh dalam bentuk teks, audio dan video pun dimuat di situs tersebut. Selain melalui diskusi dan situs web, buruh juga bisa memberikan informasi melalui SMS center.

**T: Alamat situs webnya apa? Nomor SMS center, pin BBM dan Whatsapp berapa ya? **

J: Situs web: Marsinahfm.com

SMS center: 0857 1183 3000

Pin BBM: 7eb7625

Untuk Whatsapp ada 7 nomor yang berlaku secara nasional. Sementara ini baru ada 5, yaitu:

  1. 081281761818
  2. 08121965222
  3. 087788759977
  4. 08577979977
  5. 085779799894
Tags:

hillun
17 Nov 2014


November 2014 | CC BY-SA 3.0