Periode Hibah CMS dan Keberlanjutannya



Cipta-Media-Seluler-CMS-Logo-350x350.jpg

Siska Doviana (manajer proyek CMS) dan Heidi Arbuckle melakukan pertemuan terkait hibah CMS di kantor Ford Foundation pada Kamis (10/09/2015). Ada beberapa hal yang ditetapkan dalam pertemuan tersebut, yaitu:

  1. Periode waktu Hibah CMS akan berakhir pada bulan Desember 2015 (akhir) baik untuk penurunan dana dari Wikimedia Indonesia atau pun ICT Watch. Ini berarti:

    a. permohonan perpanjangan melewati bulan Desember 2015 tidak akan dikabulkan.

    b. penyelesaian laporan naratif/keuangan penurunan dana kedua sudah harus rampung pada bulan Desember 2015 agar bisa menurunkan dana ketiga.

    c. apabila laporan naratif dan keuangan belum selesai, dengan alasan apapun, dana tidak akan diturunkan dan dianggap kinerja penerima hibah tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan diawal.

  2. Pada bulan Februari 2016 akan dilaksanakan pertemuan antara penerima hibah, mentor dan panitia CMS dengan tujuan berbagi pengalaman dalam upaya seluler. Pertemuan berbagi pengalaman ini sangat penting untuk mendata apa yang dilakukan benar dan apa yang bisa diperbaiki dari proses hibah terbuka Cipta Media khusus untuk teknologi seluler. Tanggal mengenai pertemuan untuk berbagi ini akan diinformasikan kemudian (perkiraan di pertengahan Februari).

  3. Cipta Media tidak akan melakukan hibah pada tahun 2016 karena berdasarkan pengalaman 2015 Wikimedia Indonesia harus membetulkan/memperbaiki infrastrukturnya dahulu. Dengan asumsi bahwa infrastruktur bisa dibetulkan Ford Foundation juga membutuhkan alasan yang sangat baik (justification) untuk melanjutkan hibah Cipta Media lagi. Oleh karena itu, pada Desember 2015 akan dikirimkan angket singkat mengenai pengalaman penerima hibah Cipta Media Bersama (2011) dan Cipta Media Seluler (2013) mengenai manfaat dari menerima hibah terbuka.

Untuk permohonan perpanjangan hibah akan ditindak lanjuti berdasarkan permintaan yang datang paling lambat pada hari Kamis, 17 September 2015.

Tags:

hillun
14 Sep 2015


September 2015 | CC BY 4.0