Penurunan Dana Tiga Tahap, Cara CMS Memantau Penerima Hibahnya



GRAFIK-PENERIMA-HIBAH-368x400.jpg

Cipta Media Seluler (CMS) adalah hibah terbuka yang mengajak individu, komunitas atau organisasi memunculkan inisiatif-inisiatif untuk perubahan sosial yang lebih adil melalui penggunaan teknologi seluler. Hibah terbuka ini menyediakan dukungan dana sebesar 750 ribu dolar AS bagi inisiatif-inisiatif teknologi seluler terbaik yang dapat dimodifikasi dan dicontoh untuk diterapkan di daerah lain. Lalu, bagaimana cara CMS memantau para penerima hibahnya agar tidak terjadi penyelewengan dana? Simak penjelasan berikut.

  1. CMS mengedepankan transparansi dalam pengelolaan hibahnya. Hal ini ditunjukkan dengan adanya situs khusus bagi penerima hibah untuk mengunggah laporannya (laporan aktivitas, laporan naratif dan laporan keuangan), yaitu wiki.ciptamedia.org. Laporan tersebut bisa diakses oleh publik.

  2. Laporan yang akan diunggah dikirim terlebih dulu kepada panitia CMS untuk diperiksa. Di sini CMS bisa melihat pengeluaran penerima hibah secara detail.

  3. Dana hibah diberikan kepada penerima hibah secara bertahap (tahap I, II dan III). Penerima hibah baru bisa meminta penurunan dana tahap II jika sudah menyelesaikan laporan naratif dan laporan keuangan tahap I yang disetujui CMS. Jika laporan tersebut tidak sesuai dengan proposal yang diajukan saat mendapat hibah, kami bisa saja tidak menurunkan dana tahap selanjutnya (hibah berhenti).

Jika penerima hibah merasa ada yang perlu diubah dalam proposal, mereka bisa berdiskusi dengan panitia. Tidak menutup kemungkinan akan terjadi perubahan proposal atau jumlah dana yang diminta kepada CMS.

Tags:

hillun
24 Oct 2015


October 2015 | CC BY 4.0