Tantangan yang Dihadapi Perkumpulan Jubi dalam Menjalankan Proyek CMS



168-Situs-Laporan-Warga-Tanah-Papua-Berbasis-SMS-350x350-6ec011.jpg

Rina Oktarianti sebagai pemimpin proyek Situs Laporan Warga Papua mengungkapkan tantangan yang dihadapi organisasinya (Perkumpulan Jubi) ketika menjalankan proyek yang didanai oleh hibah CMS. Berikut penjelasannya.

Bentuk pelaporan (aktivitas dan keuangan) dengan standar CMS merupakan suatu yang baru bagi para staf proyek. Namun, pelatihan dan pendampingan yang dilakukan panitia CMS sangat membantu staf proyek Situs Laporan Warga Papua untuk dapat beradaptasi dengan standar pelaporan tersebut. Meskipun berjalan lambat, setelah mengikuti dua kali pelatihan oleh staf CMS, situati ini sudah dapat teratasi.

Para verifikator lokal yang direkrut memang sudah memiliki pengetahuan jurnalistik yang memadai, tetapi perlu waktu bagi mereka untuk memahami tujuan dan sasaran proyek serta alur kerja Situs Laporan Warga. Situasi ini mulai dapat diatasi setelah proyek berjalan selama enam bulan.

Faktor geografis dan demografis sangat mempengaruhi keterlibatan masyarakat untuk berpartisipasi dalam proyek (melakukan pelaporan). Selain itu, partisipasi perempuan untuk melaporkan peristiwa di sekitar mereka perlu untuk ditingkatkan terutama perempuan sebenarnya sangat dekat dengan isu-isu terkait kesehatan dan pendidikan. Kedepannya Perkumpulan Jubi berupaya untuk mensosialisasikan/mengkampanyekan situs laporan warga kepada komunitas-komunitas perempuan di Papua. Untuk hasil yang telah dicapai dalam proyek bisa dilihat di pranala ini

Tags:

hillun
31 Oct 2015


October 2015 | CC BY 4.0