Tayangan Televisi Bermasalah, Publik Harus Apa? (Bagian II)



form-pengaduan-lapor-kpi-247x400.png

Remotivi berupaya meningkatkan partisipasi publik dalam memantau konten televisi melalui aplikasi Lapor KPI. Jika ada konten yang bermasalah, mereka bisa segera melaporkannya. Untuk tahu hal apa saja yang tidak boleh disiarkan di televisi serta perkembangan aduan, simak penjelasan berikut.

T: Aduan yang diberikan publik akan terkirim ke mana?

J: Ke Remotivi dan kami akan meneruskannya ke KPI dalam bentuk laporan bulanan. KPI memang tidak bekerja sama dengan Remotivi, tetapi mereka bersedia melakukan audiensi tiap bulannya. Jadi, Remotivi melapor, KPI mendengar dan harapannya akan diambil keputusan terkait laporan tersebut.

T: Bisakah publik mengetahui perkembangan aduannya?

J: Bisa, ada fitur yang hanya dapat diakses oleh moderator. Melalui fitur tersebut akan ada informasi apakah aduan sudah melewati audiensi dengan KPI atau sudah ada tindakan dari KPI.

T: Bagaimana cara mengenalkan aplikasi ini kepada publik?

J: Pertama, kami akan mengadakan kegiatan peluncuran program dengan harapan mendapat perhatian publik dan media massa. Kedua, kami juga akan gencar melakukan promosi melalui media sosial dan video. Ketiga, kami akan melakukan promosi di dua kota, Bandung dan Surabaya. Kota tersebut dipilih karena selain Jakarta, menempati posisi pengguna ponsel Android terbesar. Keempat, kami juga bekerja sama dengan sejumlah komunitas (Pamflet, Indorelawan), pers mahasiswa (Parmagz, Suma UI, Popsicle UMN, Perkubi, dan Unindra) serta sosialisasi melalui Change.org dan Ayo Vote.

T: Untuk memberikan pengaduan, publik tentunya harus mengetahui terlebih dahulu hal apa saja yang dilarang dalam penyiaran di televisi. Lalu, bagaimana menginformasikan hal tersebut?

J: Kami sudah menginformasikan hal tersebut melalui Twitter @LaporKPI yang tiap malam memberikan kuliah tweet (kultweet) mengenai persoalan televisi. Selain itu, kami juga membuat Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) dalam bentuk komik dan infografis. Hal ini dilakukan agar masyarakat mudah memahami isi P3SPS yang berbentuk pasal-pasal. P3SPS berbentuk komik dan infografis dimuat di aplikasi dan situs Laporkpi.org yang akan jadi pada akhir Desember 2014.

Tags:

hillun
16 Nov 2014


November 2014 | CC BY-SA 3.0