Operator Telepon Kabel di Indonesia



Operator-dan-Jaringan-Tetap-Kabel-Indonesia.png

Indonesia memiliki tiga operator telepon kabel yaitu Telkom, Batam Bintan Telekomunikasi, dan Indosat. Infografis di atas menjelaskan tentang tiga operator tersebut dan masing-masing produk telepon kabel serta jangkauan operasinya. Info ini dibuat sebagai upaya untuk menginformasikan kepada publik tentang badan usaha telepon kabel di Indonesia. Penulis dapatkan informasi mengenai siapa saja operator telepon kabel dari tautan situs datacon.

Untuk informasi spesifik mengenai masing-masing operator telepon kabel, penulis harus mencari melalui berbagai sumber.

Untuk Indosat, sebagian besar informasi didapatkan dari situs resminya, buku Laporan Tahunan Indosat 2014, serta situs berita Okezone.

Untuk Batam Bintan Telekomunikasi, keseluruhan informasi didapatkan dari situs resminya.

Untuk Telkom, sebagian informasi didapatkan dari situs resminya, serta buku Laporan Tahunan Telkom 2014.

Pembelajaran yang dirasa paling penting yang penulis dapatkan dari menyusun informasi ini adalah sulitnya memperoleh informasi mengenai profil usaha para operator telepon kabel. Dalam pembuatan infografis ini, data yang sebagian besar penulis peroleh berasal dari tulisan di laman atau dokumen yang diunggah di situs resmi perusahaan yang bersangkutan.

Meski demikian, beberapa data yang diperoleh dari situs resmi pun kurang memadai, contohnya adalah operator Batam Bintan Telekomunikasi. Beberapa kali penulis berusaha mencari-cari data mengenai operator telepon kabel ini di internet maupun perpustakaan, tapi hanya sedikit yang diperoleh. Akhirnya penulis berinisiatif untuk mengirimkan surat permintaan data namun belum mendapatkan balasan hingga pertengahan Desember sampai berakhirnya penyusunan infografik ini.

Tags:



January 2015 | CC BY 4.0