Seni Budaya Papua & Pemberdayaan Teknologi Informasi dan Penciptaan Kontent Kreatif

308

308 - Seni Budaya Papua & Pemberdayaan Teknologi Informasi dan Penciptaan Kontent Kreatif


Nomor:
308

Inisiator:
Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surya (STKIP Surya)

Organisasi:
Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surya (STKIP Surya)

Tanggal aplikasi:
16 Sep 2011

Lokasi:
Tangerang

Dana:
1 Miliar Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
Juli 2012 – DeSember 2013 (18 bulan)

Deskripsi Proyek:
Sebuah proyek pendokumentasian budaya Papua yang sangat beragam dengan melakukan dokumentasi berbasis TI dan menyertakan peran aktif masyarakat lokal sebagai aktor yang paling memahami konteks kebudayaan tersebut. Selain sebagai instrument perekam budaya, dokumentasi tersebut nantinya juga harus bisa diakses dengan menggunakan internet oleh para pemerhati budaya Papua, dari semua kalangan (akademisi, profesional, wartawan).<br /> Dalam proyek ini, kami akan berperan sebagai fihak yang memberikan pelatihan mengenai TI (terutama penciptaan kontent); menyediakan infra-struktur teknologi informasi dan transfer teknologi bagi masyarakat Papua; melakukan monitoring keberlanjutan program tersebut serta membantu evaluasi dan pengembangan program di kemudian hari.<br /> Pada tahap awal ini, budaya yang akan didokumetasikan meliputi: beragam bahasa (melalui rekaman audio/video cerita rakyat dan pementasan sandiwara tradisional yang ditransliterasi dan diterjemahkan), arsitektur dan tata letak perumahan, makanan dan obat-obatan tradisional, folklore, permainan tradisonal, artefak arkeologis dan lain sebagainya,<br /> Selain kumpulan “data mati” tersebut, diharapkan kearifan lokal Papua juga diharapkan bisa digali melalui proyek ini

Masalah yang ingin diatasi:
Pada projek ini, beberapa masalah akan bisa teratasi sekaligus:<br /> 1. Meningkatkan pemahaman praktis masyarakat muda Papua terhadap TI terutama yang berkaitan dengan media internet dan kontent kreatif.<br /> 2, Menjaga kelestarian budaya papua, terutama bahasa daerah, makanan dan tumbuhan obat dan cerita rakyat.<br /> 3, Penyediaan informasi yang cukup teliti dan memadai bagi para peminat dan peneliti budaya papua.<br /> 4. Menggali dan mendokumetasikan kearifan lokal papua.<br /> 5. Menggali kembali sejarah Papua sebagai bagian dari sejarah Indonesia<br /> 6. Mewujudkan sebuah website rujukan bagi budaya papua dari aspek seni, budaya, sejarah dan sosial.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah sbb:<br /> 1. Melakukan pelatihan TI sekaligus “training for trainer” kepada masyarakat papua yang akan diterjunkan sebagai pencipta konten<br /> 2. Melakukan proses pemantauan dan pembimbingan selama proses pengambilan data on-site di Papua, dan proses produksi content yang akan dipublish via internet.<br /> 3. Memoderasi proses publishing sehingga bisa diakses oleh komunitas IT yang memerlukan.<br /> Membantu masyarakat Papua untuk mengembangkan program ini secara mandiri, sehingga program bisa berkembang dan berlanjut meskipun periode projek telah selesai. Proyek ini akan memberi keuntungan kepada masyarakat Papua, masyarakat Bangsa Indonesia,dan komunitas pemerhati budaya (bahasa, sosiologi, sejarah) di seluruh dunia.

Ukuran kesuksesan:
Dalam jangka waktu 1 tahun tercapai:<br /> 1. Setidaknya 100 orang papua telah bisa membuat konten dengan memanfaatkan teknologi informasi dan mempunyai kemampuan mengajarkan<br /> 2. Terwujudnya sebuah portal/website dengan kemudahan akses sebagai tempat menampung konten yang telah dibuat tersebut. Setidaknya ada 8 kabupaten di Papua yang ikut berpartisipasi dalam dokumentasi budaya ini.<br /> 3. Terwujudnya sebuah embrio dari “Papua Knowledge Center” untuk beberapa aspek.<br /> 4. Aspek budaya yang didokumetasikan dalam masa 1 tahun ini: bahasa<br /> (dengan merekam cerita rakyat dan terjemahannya), foto artefak arkeologis, dokumetasi obatobatan tradisional dsb.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas