Saatnya Masyarakat Lokal Menikmati Berita Disekitarnya Secara Lengkap dan Jujur. Dapat berinteraktif dengan Ide dan Tanggapannya.

354

354 - Saatnya Masyarakat Lokal Menikmati Berita Disekitarnya Secara Lengkap dan Jujur. Dapat berinteraktif dengan Ide dan Tanggapannya.


Nomor:
354

Inisiator:
Zamrud Multimedia Network

Organisasi:
Zamrud Multimedia Network

Tanggal aplikasi:
16 Sep 2011

Lokasi:
Pekan Baru, Riau

Dana:
549 Juta Rupiah

Topik hibah:
Kebebasan dan etika bermedia

Masa Aktivitas:
November 2011 – Oktober 2012 (1 tahun)

Deskripsi Proyek:
Zamrudtv.com sebagai portal tv berita pertama di Sumatra dan satu-satunya di Provinsi Riau saat ini, mencoba hadir untuk mewartakan setiap peristiwa local dengan lengkap dan jujur lewat berita video, narasi dan teks, sehingga masyarakat bisa melihat secara lengkap kondisi yang terjadi tanpa ada rekayasa. Penayangan berita dan video mengacu pada kode etik jurnalistik dan etika penyiaran. Informasi itu dibagi dalam beberapa rubrik; Berita (Riau & Sumbar); Sport, Lingkungan; otomotif; lifestyle; Wisata; Musik, Dokumenter, Profil (tokoh, usaha dan daerah)

Masalah yang ingin diatasi:
Rendahnya pendapatan media dan wartawan di daerah, khususnya di Pekanbaru, Riau, membuat perusahaan media massa (cetak, radio dan elektronik) dan wartawannya banyak tunduk ke pemerintahaan lewat dana APBD dan penguasa. Berita yang disiarkan pun banyak tidak berimbang atau tidak bisa disiarkan, karena takut kehilangan pendapatan.<br /> Banyak masyarakat local belum memahami tentang media online, khususnya tv online. Mereka masih melihat mainstream informasi lewat media cetak dan media telivisi yang dikuasai pemodal besar dan berpihak pada penguasa dan pengusaha.<br /> Bagi manajemen zamrudtv.com berita adalah berita, asal datanya lengkap dan faktanya ada, serta didukung oleh gambar, maka masyarakat berhak mengetahuinya.<br /> Kehadiran zamrudtv.com, sebagai media tv online bertujuan mengangkat semua peristiwa local, politik, budaya, ragam hidup, wisata dan peluang usaha dan pembelajaran dari sosok tokoh dan usaha lain yang bisa menjadi pembelajaran bagi masyarakat lokal, khususnya masyarakat di Provinsi Riau dan Sumatra Barat, sebagai daerah liputan.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Dengan kemajuan teknologi informasi seperti jaringan internet yang sudah masuk ke pedesaan, dan ponsel pintar yang harganya sudah murah, membuat internet tidak asing lagi bagi masyarakat di daerah.<br /> Zamrudtv.com sebagai portal tv berita pertama di Sumatra, berupaya mengatasi masalah ini. Dengan konten berbasis video, manajemen zamrudtv.com berupaya menampilkan website ini dengan tampilan yang bisa dilihat tidak saja di computer (PC) tapi juga di ponsel (juga ponsel murah), dengan menyewa hosting unlimited dan menampilkan kualitas video yang tajam dan ringan dibuka.<br /> Setiap peristiwa yang diangkat dan dimuat di zamrudtv.com harus mengacu pada Kode Etik Jurnalistik, Karena portal zamrudtv.com berbasis video, maka konten video harus mengacu pada Etika Penyiaran.<br /> Mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi melalui citizen journalism dengan berita video yang dikirim melalui rekaman ponsel atau video.<br /> Untuk daerah liputan dibagi dua provinsi; Riau dan Sumbar. Untuk provinsi Riau, zamrudtv akan menempatkan satu orang kontributornya di 11 Kabupaten/Kota. Untuk Provinsi Sumbar, zamrudtv akan membagi tiga wilayah, Padang, Solok dan Bukittinggi. Proyek ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat lokal di Provinsi Riau dan Sumatera Barat, para perantau Sumatera Barat dan Riau yang tersebar di seluruh Indonesia dan Dunia, mereka yang berada di luar Riau yang keluarganya bekerja dan pindah ke Pekanbaru dan Riau, para pejabat pemerintahaan, anggota dewan termasuk para pengusaha yang usahanya bersentuhan langsung dengan masyarakat lokal, serta masyarakat umum, baik yang ada di Indonesia maupun berada di luar negeri;yang ingin mengetahui tentang situasi dan kondisi di Provinsi Riau dan Sumbar

Ukuran kesuksesan:
1. Naiknya tingkat kunjungan dan jumlah pembaca disetiap berita.<br /> 2. Meningkatnya popularitas yang bisa dilihat melalui situs pengukur seperti Alexa.com dan Google<br /> 3. Frekuensi berita dari masyarakat local lewat rubric citizen journalism<br /> 4. Bertambahnya kualitas dan kuantitas berita video yang dikirim contributor, stringer zamrudtv.com dari daerah-daerah sasaran<br /> 5. Peningkatan dan kerjasama program berita dengan media online komunitas lainnya<br /> 6. Bertambahnya jumlah pengikut/penggemar zamrudtv di media social seperti facebook dan twitter<br /> 7. Banyaknya kegiatan dan atau permintaan untuk berbagi ilmu dalam bidang tv berita online di kampus, sekolah dan kelompok masyarakat.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas