Madura Education Center (MEC)

362

362 - Madura Education Center (MEC)


Nomor:
362

Inisiator:
Madura Movement

Organisasi:
Madura Movement

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Sumenep, Jawa Timur

Dana:
30 Juta Rupiah

Topik hibah:
Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Masa Aktivitas:
Desember 2011 – Desember 2013

Deskripsi Proyek:
Media untuk pusat komunikasi dan informasi mengenai pendidikan bagi pelajar Madura

Masalah yang ingin diatasi:
Belum meratanya pendidikan di Pulau Madura yang terdiri dari wilayah Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep karena selama ini fasilitas pendidikan di wilayah tersebut masih belum tersebar merata. Misalnya saja, informasi tentang jalur masuk universitas hanya diberikan pada sebagian sekolah pada masing-masing daerah, kurang berminatnya siswa dan siswi untuk mengikuti olimpiade karena kurangnya informasi di sekolah sehingga dengan adanya program MEC ini diharapkan pendidikan Madura bisa lebih di tingkatkan lagi.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Membuat media untuk pusat komunikasi dan informasi mengenai pendidikan bagi pelajar Madura, dengan beberapa rincian proyek:<br /> <br /> 1. Media Center<br /> Pembuatan media komunikasi dan informasi melalui website, twitter, facebook, dan email dari MEC. Selain itu, para pelajar Madura yang ingin menikmati fasilitas dari MEC mendaftarkan diri ke SMS center untuk mendapatkan informasi pendidikan yang dibutuhkan sesuai jenjangnya, misalnya siswa kelas 3 SMU akan mendapat informasi lanjutan studi, siswa SMP akan mendapatkan informasi lomba, dll. Sedangkan SMS center yang dipakai menggunakan modem yang terkoneksi dengan provider yang menyediakan SMS gratis unlimited.<br /> 2. Education Center<br /> Proyek ini adalah proyek utama dengan menyediakan fasilitas di ketiga jenjang yang ada:<br /> a. Basic Education Center, jenjang ini diperuntukkan bagi pelajar TK – SD kelas 4 realisasinya dengan mengajar bahasa inggris, penggunaan computer dan matematika ketika libur perkuliahan di sekolah – sekolah dan panti asuhan.<br /> b. Science & Competition Center, jenjang ini diperuntukkan bagi pelajar SD kelas 5 sampai pelajar SMA kelas 2 yang ingin berprestasi akademik di luar sekolah dengan memenangkan lomba. Akan diadakan talk show dan pendampingan oleh pemuda Madura yang sudah pernah berprestasi sebelumnya.<br /> c. Higher Education Center, jenjang ini diperuntukan bagi pelajar SMA yang ingin mendapatkan infomasi kelanjutan studi.<br /> 3. Human Development Center<br /> Proyek ini adalah proyek untuk pengembangan SDM dari anggota dan pelajar Madura yang mendaftarkan diri di MEC.<br /> Dan semua proyek ini mengandalkan penyampaian informasi melalui website dan social media serta sms center. Proyek ini akan memberikan manfaat bagi para pemuda dan pelajar di Madura yang menggunakan fasilitas ini atau yang menjadi target proyek.Lokasinya di seluruh wilayah Madura agar informasinya bisa tersebar merata.

Ukuran kesuksesan:
Program MEC ini dinilai berhasil apabila minat para siswa dan siswi di Madura meningkat dalam mengikuti perlombaan olimpiade sehingga bisa membuktikan bahwa siswa dan siswi Madura juga mampu menunjukkan prestasinya baik di kancah nasional maupun internasional. Selain ini dengan diadakannya program MEC ini juga mampu meningkatkan jumlah siswa dan siswi yang bisa lulus di PTN sebab di MEC ini telah disediakan media informasi untuk melanjutkan studi.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas