Pembangunan Jaringan Informasi Antarkomunitas Difabel di Soloraya

363

363 - Pembangunan Jaringan Informasi Antarkomunitas Difabel di Soloraya


Nomor:
363

Inisiator:
Pembangunan Jaringan Informasi Antarkomunitas Difabel di Soloraya

Organisasi:
Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Solo

Tanggal aplikasi:
16 Sep 2011

Lokasi:
Solo, Jawa Tengah

Dana:
800 Juta Rupiah

Topik hibah:
Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Masa Aktivitas:
Januari – Desember 2012

Deskripsi Proyek:
Memberdayakan difabel melalui melek informasi. Membangun jaringan informasi antarkomunitas difabel di wilayah Soloraya. Teknis pelaksanaan bekerjasama dengan Pusat Pembinaan dan Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (PPRBM) Prof Dr Soeharso. Jaringan informasi antarkomunitas difabel akan berguna untuk memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi difabel di kawasan Soloraya.

Masalah yang ingin diatasi:
Kota Solo adalah pusat rehabilitasi dan pembinaan difabel. Enam kabupaten di sekitarnya juga menjadi kawasan memandirikan difabel. Sebagian difabel telah tergabung dalam komunitas yang dibina PPRBM Prof Dr Soeharso. Sebagian lainnya hidup termarginalkan. Komunitas-komunitas itu punya kepedulian terhadap difabel marginal. Sayangnya, mereka belum punya sarana berdialog dan bertemu untuk berbagi cerita dan persoalan demi memberdayakan mereka sendiri.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
AJI Solo bekerja sama dengan PPRBM Prof Dr Soeharso bermaksud memfasilitasi pembangunan sarana komunikasi antardifabel/komunitas difabel di wilayah Soloraya (1 kota 6 kabupaten) dengan media email, blog dan situs website, media sosial dan telepon genggam. Selain itu juga akan diselenggarakan pertemuan tatap muka sebulan sekali. Yang diuntungkan adalah para difabel sendiri, terutama yang telah tergabung dalam komunitas.

Ukuran kesuksesan:
1. Banyaknya informasi yang diunggah para difabel di blog, email (mailing list), situs, media sosial dan nomor khusus telepon genggam.<br /> <br /> 2. Kehadiran para difabel dalam pertemuan tatap muka sebulan sekali.<br /> <br /> 3. Persoalan-persoalan yang dihadapi difabel yang berhasil diselesaikan bersama dalam jaringan komunitas ini.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas