Audit Komunikasi Pada Organisasi Kemasyarakatan

367

367 - Audit Komunikasi Pada Organisasi Kemasyarakatan


Nomor:
367

Inisiator:
Alimudin

Organisasi:
NA

Tanggal aplikasi:
16 Sep 2011

Lokasi:
Depok

Dana:
150 Juta Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
1 Oktober – 31 Desember 2011

Deskripsi Proyek:
Sebuah audit komunikasi pada organisasi kemasyarakatan dalam proses sosialisasi gagasan perubahan kepada publik.

Masalah yang ingin diatasi:
Kurangnya pemberitaan media dalam hal mengupas isi pesan perubahan yang disampaikan oleh organisasi kemasyarakatan. Media terkesan lebih banyak memberitakan kehadiran organisasi kemasyarakatan sebagai sebuah entitas politik beserta aktivitas seremonialnya. Sedangkan isi pesan perubahan yang dibawakannya kurang diberikan porsi ulasan yang kritis. Untuk itu, melalui audit komunikasi diharapkan dapat memberikan informasi yang mampu mengisi kekurangan tersebut sehingga mampu memberikan gambaran yang utuh tentang bagaimana sebenarnya muatan isi pesan tersebut. Publik tidak lagi terpedaya janji manis belaka seperti peribahasa “membeli kucing dalam karung”.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Model audit komunikasi yang dilakukan adalah berdasarkan model analisis profil komunikasi keorganisasian. Langkah-langkah dalam pelaksanaan analisis profil komunikasi keorganisasian disusun berdasarkan tujuh variabel yang mempunyai pengaruh besar pada sosok komunikasi dalam praktik, yaitu (1) kepuasan organisasi, (2) iklim komunikasi, (3) kualitas media, (4) kemudahan dalam perolehan informasi, (5) penyebaran informasi, (6) muatan informasi, dan (7) kemurnian pesan.<br /> <br /> Sasaran yang dituju dari hasil kegiatan audit komunikasi ini adalah warga masyarakat umum berusia 17 tahun ke atas yang berdomisili di wilayah Jabodetabek.

Ukuran kesuksesan:
Indikatornya adalah tersebarnya informasi hasil audit komunikasi tersebut kepada warga masyarakat sehingga mampu merubah pilihan sikap dan dukungan masyarakat terhadap suatu organisasi kemasyarakatan. Realnya adalah bertambah dan berkurangnya dukungan keanggotaan suatu organisasi kemasyarakatan.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas