Media Online Lokal Berbasis Anak Muda

372

372 - Media Online Lokal Berbasis Anak Muda


Nomor:
372

Inisiator:
Palu Media Kreatif (Step!Magz)

Organisasi:
Palu Media Kreatif (Step!Magz)

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Palu

Dana:
92 Juta Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
Januari – Desember 2012

Deskripsi Proyek:
Step!Magz adalah sebuah majalah digital -dengan muatan lokal dan segmen anak muda- pertama di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Seiring dengan semakin berkembangnya budaya urban yang ikut mengakar sampai ke daerah-daerah termasuk di Kota Palu, seperti itu pula geliat kaum muda Kota Palu dalam berkarya.

Masalah yang ingin diatasi:
Selama ini Step!Magz berdiri secara mandiri. Biaya operasional media ini ditanggung secara sukarela oleh para pegiatnya. Kami menyebut ini sebagai proyek amal, karena melihat kebutuhan media anak muda di Kota Palu.<br /> <br /> Setelah berjalan delapan edisi/bulan menemui beberapa kendala dalam hal operasional, hal itu disebabkan kurangnya fasilitas penunjang seperti bandwith, koneksi internet, kantor sebagai pusat aktivitas dan fasilitas penunjang dilapangan seperti kamera, voice recorder, modem USB.<br /> elama ini Step!Magz berdiri secara mandiri. Biaya operasional media ini ditanggung secara sukarela oleh para pegiatnya. Kami menyebut ini sebagai proyek amal, karena melihat kebutuhan media anak muda di Kota Palu.<br /> <br /> Setelah berjalan delapan edisi/bulan menemui beberapa kendala dalam hal operasional, hal itu disebabkan kurangnya fasilitas penunjang seperti bandwith, koneksi internet, kantor sebagai pusat aktivitas dan fasilitas penunjang dilapangan seperti kamera, voice recorder, modem USB.<br /> Selama ini Step!Magz berdiri secara mandiri. Biaya operasional media ini ditanggung secara sukarela oleh para pegiatnya. Kami menyebut ini sebagai proyek amal, karena melihat kebutuhan media anak muda di Kota Palu.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Step!magz berharap bisa melengkapi fasilitas penunjang untuk memaksimalkan kinerja baik internal maupun eksternal. Untuk sementara Step!Magz masih mengandalkan fasilitas seadanya, misalnya soal koneksi internet, Step!Magz menggunakan fasilitas free hotspot di Kafe-kafe yang ada di Kota Palu. Alat-alat pelengkap seperti kamera digital, recorder dan lain-lain juga akan memudahkan kami dalam melakukan peliputan. Kantor sebagai pusat aktivitas, juga akan memudahkan koordinasi kami.<br /> <br /> Pihak yang diuntungkan adalah:<br /> 1. Pembaca Step!Magz utamanya mereka yang di Kota Palu dengan usia 16-35 tahun<br /> 2. Para pegiat dunia kreatif dan anak muda di Kota Palu, Sulawesi Tengah<br /> 3. Siswa-siswi SMA atau sederajat di Kota Palu dan sekitarnya yang memiliki ketertarikan pada jurnalistik<br /> 4. Masyarakat Umum, melalui Step!Magz mereka bisa melihat dunia anak muda Kota Palu dan Sulawesi Tengah secara lebih dekat.

Ukuran kesuksesan:
Dengan kualitas berita yang disajikan, juga membandingkan jumlah pengunjung website sebelum dan sesudah fasilitas penunjang terpenuhi.<br /> <br /> Berjalannya rubric S.O.S. Selanjutnya mungkin akan ada benih-benih jurnalis muda dari program ini, yang bisa diasah lebih lanjut oleh Step!Magz.<br /> <br /> Ukuran terbesar adalah bergerak majunya dunia kreatif di Kota Palu. Berkembangnya aktivitas-aktivitas kesenian seperti: musik, film, design, penulisan, hand-made, clothing dan lain-lain.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas