Media Berpetualang Dekat Rumah (Mlampah)

382

382 - Media Berpetualang Dekat Rumah (Mlampah)


Nomor:
382

Inisiator:
Achmad Habanal Huda

Organisasi:
NA

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Jember, Jawa Timur

Dana:
200 Juta Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
Januari-desember 2012 (satu tahun) untuk tahap awal selanjutnya sampai batas waktu yang tidak ditentukan

Deskripsi Proyek:
Sebuah proyek dalam upaya pemaksimalan media promosi bagi pariwisata lokal dengan mengkampanyekan kepada masyarakat lokal, nasional maupun internasional untuk datang ke daerah tersebut. Melalui traveling and adventure documentary dalam bentuk video, foto dan tulisan, yang disebarkan melalui media internet (web resmi, social networking, dan media promo lain) diharapkan dapat mengurangi kesenjangan media promosi bagi wisata-wisata lokal yang kurang terperhatikan. Tahap awal proyek dilakukan pada kota jember dan sekitarnya (jember, banyuwangi, bondowoso, lumajang,situbondo) selama satu tahun. Yang kemudian berlanjut ke kota-kota lain dengan bekerja sama dengan pemerintah setempat, serta membangun jaringan dengan insan lokal lainnya.

Masalah yang ingin diatasi:
Kurangnya pengetahuan dan antusiasme masyarakat terhadap pariwisata, seni, dan budaya lokal yang disebabkan kurangnya promosi dari pemerintah daerah serta tidak tersentuh oleh media nasional. Kesenjangan mediapun terjadi hanya tertuju pada sektor pariwisata tertentu dan tidak merata. Dengan menggali potensi-potensi pariwisata yang ada (wisata seni dan budaya, wisata alam, wisata kuliner) daerah setempat, diharapkan mampu terekspos ke masyarakat luas sehingga mengurangi kesenjangan media di dunia pariwisata. Dan dengan tersedianya pengetahuan wisata local akan merangsang antusiasme masyarakat tentang kebutuhan estetis ini.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Dengan memproduksi traveling and adventure documentary dalam bentuk video, foto dan tulisan mengenai tempat-tempat menarik yang patut dikunjungi di kota tersebut yang dikemas secara kreatif dan menarik yang melibatkan anak muda kota tersebut sebagai karakter/lakon dalam seri video, foto dan tulisan yang diproduksi berikut dengan info akses yang kemudian disebarluaskan melalui internet baik berupa situs resmi, jejaring sosial, maupun forum-forum internet. Melakukan kampanye sadar wisata lokal khususnya pada masyarakat setempat melalui kerja sama dengan pemerintah daerah setempat dan pengelola warnet maupun spot-spot internet untuk promo website. Pihak yang diuntungkan adalah pemuda lokal dengan rekruitmen sebagai talent, pengelola industri wisata lokal, pemerintah daerah, dan masyarakat lokal pada khususnya dan masyarakat luas pada umumya

Ukuran kesuksesan:
1. Memproduksi minimal 100 artikel dalam setahun (meliputi video, foto dan tulisan)<br /> 2. Berdasarkan statistik jumlah pengunjung website (minimal 1 juta pengunjung dalam setahun)<br /> 3. Mengukur peningkatan volume wisatawan lokal maupun asing yang berkunjung melalui pendataan secara periodik yang bekerja sama dengan instansi terkait.<br /> 4. Adanya kesadaran dan respon positif masyarakat terhadap wisata lokal melalui survey secara berkala<br /> 5. Respon positif masyarakat lokal terhadap proyek ini.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas