Rangkuman Budaya Nusantara Digital

389

389 - Rangkuman Budaya Nusantara Digital


Nomor:
389

Inisiator:
Eni Widyowati

Organisasi:
NA

Tanggal aplikasi:
16 Sep 2011

Lokasi:
Pacitan, Jawa Timur

Dana:
150 Juta Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
Januari 2012 – Desember 2012 (12 bulan)

Deskripsi Proyek:
Sebuah proyek pembuatan rangkuman kekayaan budaya nasional yang terdiri dari berbagai budaya daerah secara digital (website dan kepingan CD). Budaya di sini terdiri dari tarian, lagu, senjata, pakaian khas, dan sebagainya.

Masalah yang ingin diatasi:
Selama ini masyarakat Indonesia mulai kurang mengenal khazanah budaya nasional yang beraneka ragam seiring dengan masuknya budaya asing. Anak-anak sekolah dan pemuda-pemuda kita mulai meninggalkan (bahkan tidak mengenal sama sekali) kekayaan budaya kita.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Membuatkan sebuah media digital berupa website dan repositori dalam kepingan CD yang berisi setidaknya keragaman budaya kita, mulai dari lagu daerah, pakaian adat, senjata, tarian dan sebagainya yang tersebar di 33 provinsi dengan harapan dapat menjembatani kesenjangan yang terjadi. Pihak yang diuntungkan adalah seluruh warga negara Indonesia, terutama generasi penerus bangsa ini.

Ukuran kesuksesan:
– Website diluncurkan, website ini bentuk dinamis.<br /> – Repositori (bentuk CD) terkirim ke 33 propinsi di Indonesia melalui Dinas Pendidikan dan Dinas Pariwisata (Dinas terkait)<br /> – Konten dari website dan CD adalah foto, video, dan tulisan terkait budaya bersangkutan

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas