Peningkatan Keadilan dan Kesetaraan Akses Media Masyarakat Akar Rumput Melalui Radio Komunitas

393

393 - Peningkatan Keadilan dan Kesetaraan Akses Media Masyarakat Akar Rumput Melalui Radio Komunitas


Nomor:
393

Inisiator:
Radio Komunitas SUARA WARGA

Organisasi:
Radio Komunitas SUARA WARGA

Tanggal aplikasi:
16 Sep 2011

Lokasi:
Jombang, Jawa Timur

Dana:
129 Juta Rupiah

Topik hibah:
Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Masa Aktivitas:
November 2011 – Oktober 2012 (1 tahun)

Deskripsi Proyek:
Radio komunitas merupakan salah satu bentuk media yang mempunyai visi dan misi belajar dan berkembang bersama masyarakat sekaligus sebagai alat penyampai informasi ke, dari dan untuk masyarakat. Radio komunitas sendiri memiliki peran besar dalam mendukung terbentuknya civil society yang kuat serta memiliki tanggungjawab publik untuk membongkar praktek-praktek KKN dan ketidakadilan lainnya yang terjadi di masyarakat.<br /> Dalam pengelolaan radio komunitas tidak bisa lepas dari keterlibatan dan partisipasi masyarakat sebagai point penting yang harus dipertimbangkan untuk mewujudkan terjadinya kesadaran kritis dan keadilan informasi bagi seluruh masyarakat. Oleh sebab itulah, melalui inisiasi proyek ini akan dilakukan upaya peningkatan akses media secara adil dan setara bagi masyarakat Akarrumput sekaligus untuk menumbuhkan budaya demokratis bagi keberdayaan masyarakat melalui sinergi kerja bersama dengan seluruh stakeholder terkait.

Masalah yang ingin diatasi:
1. Lemahnya akses media yang adil dan setara bagi masyarakat Akarrumput sehingga pendidikan melek media belum bisa diterima secara baik dan merata,<br /> 2. Minimnya partisipasi aktif masyarakat Akarrumput dalam memanfaatkan media lokal/ komunitas yang ada,<br /> 3. Rendahnya keberpihakan pemerintah terhadap keberadaan media komunitas,<br /> 4. Pengaruh negatif dari sebagian besar lembaga penyiaran swasta yang seringkali menjadikan masyarakat akar rumput sebagai objek kepentingan penguasa, partai politik dan pemodal/ kapitalis.<br /> Secara umum bisa dikatakan, yang menjadi tujuan dari proyek ini adalah terjadinya peningkatan keadilan dan kesetaraan akses media bagi masyarakat Akarrumput melalui radio komunitas sebagai media penggeraknya.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Beberapa langkah atau kegiatan yang akan dilakukan dalam proyek ini untuk mengatasi beberapa masalah diatas :<br /> <br /> 1. Workshop peningkatan keadilan dan kesetaraan akses media bagi masyarakat Akarrumput. Workshop ini akan dilakukan selama 1 hari dan dihadiri oleh perwakilan masyarakat Akarrumput, perwakilan pemerintah, perwakilan NGO dan organisasi masyarakat.<br /> 2. Workshop peningkatan partisipasi masyarakat Akarrumput dalam pengelolaan media komunitas. Workshop ini akan dilakukan selama 1 hari dan dihadiri oleh perwakilan masyarakat Akarrumput.<br /> 3. Produksi dan penyiaran berita komunitas (news/features). Selama proyek berlangsung akan diproduksi 8 berita komunitas per bulan.<br /> 4. Produksi dan penyiaran talkshow komunitas. Selama proyek berlangsung akan dilakukan talkshow komunitas setiap bulan sekali.<br /> 5, Produksi dan penyiaran Iklan Layanan Masyarakat. Selama proyek berlangsung akan diproduksi ILM setiap tiga bulan sekali.<br /> 6. Monitoring dan Evaluasi. Kegiatan ini akan dilakukan melalui rapat evaluasi tim proyek setiap bulan sekali dan monitoring pelaksanaan kegiatan proyek melalui interview kepada masyarakat.<br /> Pihak yang diuntungkan adalah komunitas tukang becak, komunitas petani, komunitas pemulung, komunitas pedagang kaki lima di Kecamatan Jombang

Ukuran kesuksesan:
Melalui hasil evaluasi dan monitoring tim proyek dengan masyarakat Akarrumput, hasil sebagai berikut adalah acuan dalam mengukur tingkat keberhasilan pelaksanaan proyek.<br /> <br /> 1. Masyarakat Akarrumput di kabupaten Jombang yang mau dan ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan dan program radio komunitas mengalami peningkatan.<br /> 2. Adanya peningkatan respon atas produksi program radio komunitas (berita komunitas, talkshow komunitas dan ILM.<br /> 3. Meningkatnya dukungan stakeholder (pemerintah, organisasi masyarakat dan NGO lokal) dalam upaya peningkatan keadilan dan kesetaraan akses media bagi masyarakat Akarrumput.<br /> 4. Masyarakat mampu melakukan counter media swasta dan media publik yang memojokkan kepentingan masyarakat melalui radio komunitas.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas