Pengenalan media informasi untuk Pelaku Usaha Rakyat Mikro (URAMI)

430

430 - Pengenalan media informasi untuk Pelaku Usaha Rakyat Mikro (URAMI)


Nomor:
430

Inisiator:
Yayasan Peramu

Organisasi:
Yayasan Peramu

Tanggal aplikasi:
16 Sep 2011

Lokasi:
Bogor, Jawa Barat

Dana:
450 Juta Rupiah

Topik hibah:
Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Masa Aktivitas:
Januari 2012 – Januari 2013 (satu tahun)

Deskripsi Proyek:
Pengenalan media informasi untuk Pelaku Usaha Rakyat Mikro (URAMI) mitra jaringan BMT dan Penyediaan pusat informasi bisnis untuk mereka

Masalah yang ingin diatasi:
Pelaku usaha rakyat mikro biasanya mengalami kesulitan meng-akses informasi mekipun sebagian besar dari mereka telah memiliki telepon genggam. Sebagian dari mereka tidak mahir baca tulis, tidak dapat mengirim dan menerima sms, dengan luasan komunikasi sebatas kolega mereka. Padahal peningkatan akses informasi dengan cakupan yang lebih luas dapat menjadi peluang bagi mereka agar dapat mengembangkan bisnis untuk peningkatan kesejahteraan mereka.<br /> Keterbatasan akses informasi dapat disebabkan: (1)ketidakmampuan membayar untuk mendapatkan pengetahuan baru akibat minimnya keuntungan yang mereka peroleh dari usaha mereka; (2) keterbatasan pengetahuan cara penggunaan gadget. Serta menghilangkan (3) hambatan kultural untuk mengubah kebiasaan cara mereka mengakses informasi dengan mengenalkan cara-cara beserta pranala baru untuk mengakses informasi.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Kebanyakan media tersedia untuk segmen menengah ke atas, dengan format dan content untuk kalangan mereka. Tersedianya content pendidikan bisnis untuk URAMI dengan biaya murah dapat membuat mereka berkesempatan mengakses informasi secara lebih setara. Hambatan biaya dapat diatasi dengan penyediaan majalah secara cuma-cuma dengan titik distribusi di kantor BMT/LKMS yang melayani mereka. Jika satu pick-point menyediakan 20 eksemplar maka dibutuhkan lebih dari 10.000 eksemplar majalah untuk lebih dari 500 BMT/LKMS se-Jawa. URAMI secara berjenjang akan diajak mengakses informasi. Setelah belajar dari majalah, mereka akan diajak untuk saling mengirimkan SMS melalui SMS Gateway. Secara berlanjut dan berulang melalui content majalah, para URAMI akan secara bertahap diajak terus menerus mencoba cara baru mengakses informasi. Sebelum akhirnya diharapkan mereka akan dapat mengakses portal bisnis URAMI. Karena pada portal ini dapat disediakan informasi yang lebih beragam. Misalnya gambar produk, pesan audio, video tips bisnis, aplikasi , dsb.<br /> Pihak yang diuntungkan melalui proyek ini adalah sekurangnya 10.000 pelaku usaha mikro yang sedang dilayani pembiayaan usahanya oleh sekurangnya 500 BMT/Lembaga Keuangan Mikro Syariah yang telah berjejaring, se-Jawa.

Ukuran kesuksesan:
1. Terlaksana workshop URAMI secara partisipatif.<br /> 2. Tersedia content untuk pendidikan bisnis URAMI.<br /> 3. Jaringan BMT/LKMS bersedia menjadi pick-point majalah gratis sekaligus simpul informasi bisnis bagi URAMI.<br /> 4. Tersedia majalah gratis sebanyak 10.000 eksemplar bagi URAMI didistribusikan melalui lebih dari 500 BMT/LKMS se-Jawa.<br /> 5. Tersedia perangkat SMS Gateway, beserta pranala, dan pengelolanya.<br /> 6. URAMI bersedia menjadi user SMS Gateway dan saling aktif mengirimkan feed SMS untuk di broadcast ke sesama mereka. Sekurangnya (1%X10.000=100 URAMI) aktif di SMS Gateway pada semester pertama kegiatan.<br /> 7. Tersedia portal bisnis URAMI beserta sarana pendukungnya. URAMI bersedia mengakses portal dan aktif di dalamnya. Tercipta aktivitas yang berujung peningkatan transaksi bisnis bagi URAMI pada semester kedua kegiatan ini.<br /> 8. Tersedia pengiklan atau dukungan program bagi keberlanjutan penerbitan majalah gratis, SMS Gateway, Portal bisnis, dan keseluruhan kegiatan ini.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas