Blog Goes to School

439

439 - Blog Goes to School


Nomor:
439

Inisiator:
AJI Pontianak

Organisasi:
AJI Pontianak

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Pontianak, Kalimantan Barat

Dana:
250 Juta Rupiah

Topik hibah:
Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Masa Aktivitas:
6 bulan (Januari- Juni 2012)

Deskripsi Proyek:
Program ini akan melatih siswa mengenal blog dan multimedia. Program ini juga akan mendorong pertumbuhan penggunaan media sosial (blog) pada sepuluh sekolah dampingan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pontianak. Diharapkan nantinya ada agregat blog antarsekolah, juga akan ada kompetisi blogantarsekolah dampingan agar siswa termotivasi menghasilkan karya blog yang menarik dan berkualitas secara jurnalistik.

Masalah yang ingin diatasi:
Banyak sekolah yang sudah dilatih menulis, tetapi belum memiliki media untuk mempublish karyanya. Intervensi program ini membantu sekolah-sekolah untuk memiliki blog masing-masing dan meningkatkan kapasitas siswa agar meningkatkan blog sekolah. Meningkatkan intensitas komunikasi antarsekolah-sekolah dampingan melalui blog agregat.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Proaktif dengan datang langsung ke sekolah-sekolah secara intensif, dengan memberikan pelatihan dan pendampingan. Pelatihan lebih difokuskan pada tutorial blog. Sehingga pelajar bisa lebih intens menulis. Pelatihan akan dipadatkan dalam bentuk workshop beberapa hari dengan datang langsung ke sekolah dampingan atau dipusatkan di sekolah yang menjadi pilot project. Materi pelatihan mulai dari bagaimana menulis hingga membuat blog baik bagi siswa secara personal maupun blog sekolah. Pihak yang diuntungkan melalui proyek ini adalah10 sekolah dampingan AJI Pontianak, dengan SMA Talino Sungai Ambawang, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat sebagai pilot project. Proyek ini juga akan memberi keuntungan kepada siswa SMA/SMK sederajat pada sekolah dampingan di wilayah Kalimantan Barat (Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Kota Singkawang, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Kapuas Hulu, dan Kabupaten Sambas).

Ukuran kesuksesan:
1. Jumlah blogger di setiap sekolah dampingan meningkat minimal 30 persen.<br /> 2. Sepuluh sekolah dampingan memiliki weblog masing-masing.<br /> 3. Minimal ada satu agregat blog<br /> 4. Meningkatnya minat siswa menulis di media lokal Kalbar maupun di weblog sekolah<br /> 5. Minimal satu buku kumpulan tulisan terbaik dari program ini.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas