Gubug Kreativitas

455

455 - Gubug Kreativitas


Nomor:
455

Inisiator:
Debora Glory Kharismadani

Organisasi:
NA

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Blitar, Jawa Timur

Dana:
180 Juta Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
Januari 2012-Desember 2012 [satu tahun] sebagai tahap I pelaksanaan proyek. Setelah itu aktivitas proyek akan terus dilaksanakan secara berkesinambungan.

Deskripsi Proyek:
Sebuah komunitas yang memfasilitasi kalangan muda di daerah untuk bertukar informasi, belajar, mengembangkan bakat serta menampilkan kreasi mereka secara luas (dengan fasilitas yang ada, hal ini bukan sesuatu yang mustahil). Selain memfasilitasi, komunitas ini juga mengarahkan kalangan muda untuk lebih kritis dengan kondisi sosial dan lingkungan, terutama di daerahnya.

Masalah yang ingin diatasi:
Keterbatasan media pembelajaran dan penampung kreativitas di daerah kecil menyebabkan kalangan muda di daerah tersebut kurang berkembang dan tidak produktif. Solusi yang selama ini terjadi adalah mereka meninggalkan daerah tersebut dan menetap di kota besar (urbanisasi). Keterbatasan media pembelajaran juga mengakibatkan kesenjangan yang cukup mencolok antara kalangan muda di daerah dan di kota dan seringkali mereka tersisih di dunia kerja, dikarenakan kesenjangan tersebut. Pada akhirnya tidak memberi kontribusi bagi perkembangan kota tersebut malah menambah beban bagi kota-kota besar. Padahal di daerah masih banyak potensi yang bisa dikembangkan. Jika potensi yang ada dikembangkan maka antara kota dan daerah bisa tumbuh bersama.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Akan diadakan pelatihan-pelatihan dengan biaya yang terjangkau dalam berbagai bidang yang saling berhubungan serta aksi-aksi sosial. Setiap periode pelatihan selesai, akan dibuat proyek produksi yang merepresentasikan semua hasil pelatihan dan dipublikasikan secara langsung maupun melalui media cetak dan elektronik. Dengan demikian komunitas dapat berkembang secara mandiri dalam finansial melalui dana yang didapat dari hasil produksi.<br /> Pihak yang diuntungkan melalui proyek ini adalah kalangan muda 15-23 tahun di Blitar pada khususnya dan masyarakat di Blitar pada umumnya dan selanjutnya setelah aktivitas mencakup daerah-daerah Jawa Timur lainnya, aktivitas dapat menguntungkan masyarakat Jawa Timur.

Ukuran kesuksesan:
1. Komunitas sudah dapat memproduksi hasil kreasi mereka dan dipublikasikan dalam berbagai macam bentuk media (langsung, cetak dan elektronik).<br /> 2. Komunitas memiliki kemandirian finansial untuk keberlangsungan komunitas.<br /> 3. Komunitas sudah memperluas cakupan wilayah keanggotaannya sampai daerah-daerah Jawa Timur selain Blitar

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas