Menghidupkan Kembali “Kelompencapir” Era Multimedia

465

465 - Menghidupkan Kembali “Kelompencapir” Era Multimedia


Nomor:
465

Inisiator:
Agung Aji

Organisasi:
NA

Tanggal aplikasi:
16 Sep 2011

Lokasi:
Pekalongan

Dana:
200 Juta Rupiah

Topik hibah:
Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Masa Aktivitas:
Januari – Desember 2012

Deskripsi Proyek:
Proyek penghidupan kembali “Kelompencapir (Kelompok Pendengar, Pembaca, dan Pirsawan)” dengan media internet. Dengan diperkenalkannya Internet para kelompok tani/nelayan biasa mendapatkan informasi dan pengetahuan lebih luas, terutama tentang perkembangan dan kemajuan pertanian yang cukup pesat di seluruh belahan Dunia sehingga dapat meningkatkan taraf hidup petani, karena selain Informasi untuk memacu peningkatan produksi, mereka juga dapat mengetahui harga komoditas dipasaran lokal maupun internasional.

Masalah yang ingin diatasi:
Pembangunan di Indonesia yang cenderung mengarah ke industrialisasi membuat masyarakat Indonesia yang agraris makin terkikis. Kegiatan agraris mulai ditinggalkan masyarakat karena dianggap tidak menguntungkan. Generasi muda yang terdidik mulai enggan melirik pertanian. Dari semuanya itu membuat masyarakat agraris Indonesia jauh dari kemajuan.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Mengadakan pertemuan rutin untuk saling berbagi pengalaman antar kelompok tani/nelayan dengan bekal tambahan akses multimedia (Internet) setiap bulan sekali. Pertemuan Itu juga membahas masalah – masalah aktual disekitar, mulai dari tanam, panen dan pascapanen.<br /> Pihak yang akan menerima manfaat dari proyek ini adalah 40 kelompok tani/nelayan di Kota Pekalongan

Ukuran kesuksesan:
Semakin banyaknya petani/ nelayan yang dapat mengakses informasi melalui perangkat MULTIMEDIA (internet).

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas