Aplikasi Blood For Life Indonesia (Media Sosial untuk pendonor dan yang membutuhkan darah)

467

467 - Aplikasi Blood For Life Indonesia (Media Sosial untuk pendonor dan yang membutuhkan darah)


Nomor:
467

Inisiator:
Erwin Maulana Saputra

Organisasi:
NA

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Bandung, Jawa Barat

Dana:
250 Juta Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
Diharapkan aktifitas ini akan berlangsung terus-menerus dan berkesinambungan.

Deskripsi Proyek:
Aplikasi web yang membantu untuk memudahkan moderasi, memantau dan menyebarkan data ke berbagai media sosial umum di Indonesia. Aplikasi ini juga dapat diakses diberbagai media kapan saja dimana saja. Open API untuk aplikasi lain yang ingin memanfaatkan data dan permainan/game tentang donor darah sebagai media promosi dan perkenalan proses donor darah ke masyarakat, terutama generasi muda yang melek teknologi

Masalah yang ingin diatasi:
Keluarga pasien yang membutuhkan darah biasanya menyebarkan pesan melalui sms, mailing list atau media sosial. Pesan ini biasanya disebarkan lebih luas oleh yang menerima pesan tersebut tanpa konfirmasi. Pesan yang beredar luas terkadang sulit diperiksa kebenarannya bahkan terus beredar walaupun kasus sudah tertangani atau korban sudah meninggal dunia.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Menyediakan satu wadah terpusat dalam informasi kasus kebutuhan darah yang bersifat urgent dimana moderator dapat dengan mudah melakukan konfirmasi dan menandai apakah kasus tsb valid atau tidak. Kasus yang telah dimoderasi disebarluaskan ke twitter dan facebook. Jika kasus telah tertangani atau korban meninggal dunia, moderator akan menandai bahwa kasus tsb ditutup.<br /> Pihak yang akan menerima manfaat dari proyek ini adalah keluarga pasien yang membutuhkan darah dengan mudah memasukkan permohonan ke dalam aplikasi. Moderator pun mudah mengecek kebenaran suatu kasus karena form isian permohonan distandarisasi agar data yang dibutuhkan bersifat lengkap. Sebaliknya para pendonor darah pun mudah mengetahui informasi kebutuhan darah sehingga lebih mudah membantu.

Ukuran kesuksesan:
Banyak pengguna yang bergabung dengan media sosial ini dan lebih banyak permohonan kebutuhan darah yang tertangani dengan adanya aplikasi media sosial ini.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas