e-Portfolio Siswa Indonesia

475

475 - e-Portfolio Siswa Indonesia


Nomor:
475

Inisiator:
Hugo Indratno

Organisasi:
NA

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Banten

Dana:
500 Juta Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
Juli – September 2012 (3 bulan)

Deskripsi Proyek:
Ide e-portfolio adalah sebuah jembatan yang dapat menunjukkan perkembangan peserta didik secara utuh. e-Portfolio bisa berupa hasil rekam dari pencapaian siswa secara personal ataupun secara publik melalui penyediaan server atau website.

Masalah yang ingin diatasi:
Dalam dunia pendidikan, media pembelajaran telah banyak dibuat. Ketika satu pembelajaran dalam tahun akademik berakhir, yang tertinggal hanyalah nilai-nilai dalam raport. e-Portfolio memberikan satu solusi “jejak-rekam” dari pembelajaran siswa yang dapat diakses kapanpun, dimanapun dan oleh siapapun.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Perlu adanya pelatihan bagi para guru dan kepala sekolah tentang perlunya “jejak-rekam” dari pencapaian siswa. Langkah awal adalah memberikan penyegaran terhadap makna pembelajaran dan pencapaian bagi para guru dan kepala sekolah. Langkah berikutnya adalah memberikan fasilitas e-portfolio kepada sekolah yang akan dipergunakan oleh para siswa dengan bimbingan guru.<br /> Pihak yang akan menerima manfaat dari proyek ini adalah SD negeri mauapun swasta dalam pilot proyek di Jakarta Barat

Ukuran kesuksesan:
Diberlakukannya e-Portfolio di kelas 4,5 dan 6 di sekolah percontohan atau terpilih dan adanya website e-Portfolio di sekolah percontohan atau terpilih.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas