Bantuan Pendanaan Usaha dan Beasiswa Pendidikan

484

484 - Bantuan Pendanaan Usaha dan Beasiswa Pendidikan


Nomor:
484

Inisiator:
Marsudin

Organisasi:
NA

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Baubau, Sulawesi Tenggara

Dana:
450 Juta Rupiah

Topik hibah:
Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Masa Aktivitas:
1. Program pendanaan usaha kecil Oktober 2011 – April 2012 2. Program basiswa pendidikan: untuk formal April 2012 – Agustus 2012 dan untuk informal Oktober 2011 – April 2012 dan sampai seterusnya

Deskripsi Proyek:
Proyek pendanaan usaha kecil yang saya maksudkan disini adalah bantuan pendanaan bagi usaha kecil, baik itu pelaku usaha kecil yang telah memiliki usaha dengan kapasitas kecil maupun bagi masyarakat dan sarjana – sarjana pengangguran yang sesungguhnya memiliki ide dan kreatifitas usaha untuk dikembangkan namun terkendala hanya karena tidak memiliki modal untuk usaha. Beasiswa pendidikan yang saya maksud adalah pendanaan bagi generasi muda yang ada didaerah saya baik itu pendidikan formal maupun informal. hal ini melihat banyak didaerah saya yang putus sekolah dan tidak memiliki bekal pendidikan yang jelas dimana lapangan kerja memadai yang ada menuntut formalitas pendidikan yang sesuai.

Masalah yang ingin diatasi:
Kesulitan masyarakat pelaku usaha kecil dan teman – teman alumni maupun mahasiswa dari kalangan tidak mampu dalam mendapatkan permodalan untuk usahanya. Saat ini di daerah saya, akses permodalan usaha sangat sulit meskipun pemerintah lewat program KUR untuk mengatasi kendala yang dihadapi masyarakat namun itu hanya menjadi bahan promosi sebagai bukti bagi pemerintah melayani masyarakat. Kenyataan yang ada, untuk mendapatkan atau menjadi bagian dari program tersebut harus memiliki jaringan yang bagus dengan pihak lembaga keuangan yang dipercayakan pemerintah, sedangkan masyarakat kecil hanya menjadi penonton dan bahkan terkadang hanya dijadikan lahan bagi oknum yang tidak bertanggungjawab dari lembaga keuangan untuk mengambil keuntungan. Di daerah saya banyak yang tidak memiliki pendidikan SLTA atau setaranya, apalagi perguruan tinggi. Dengan adanya program beasiswa pendidikan ini, kendala tidak memiliki pendidikan yang dirasakan generasi muda dapat teratasi sehingga semua generasi muda yang ada dapat merasakan bangku pendidikan sampai pada taraf sarjana/S1.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Saat ini selain saya sebagai pelaku usaha kecil, tanpa lembaga sosial yang formal keseharian saya adalah memfasilitasi masyarakat sesama pelaku usaha kecil dalam mendapatkan bantuan permodalan dari lembaga keuangan namun keberhasilan dari kegiatan tersebut hanya 5% sehingga nantinya ketika program ini dapat direstui, jaringan usaha kecil yang saya miliki seluas-luasnya yang ada didaerah saya pasti akan dapat merasakan bantuan pendanaan tersebut. Untuk program beasiswa, saya akan membentuk lembaga sosial formal yang berkesinambungan sehingga nantinya geneerasi muda putus sekolah maupun generasi muda dari kalangan tidak mampu dengan mudah dapat menemukan wadah yang tetap dalam mendapatkan fasilitas pendampingan pendidikan.<br /> Pihak yang akan menerima manfaat dari proyek ini adalah 10 pelaku usaha kecil di Baubau dan 20 generasi muda untuk program pendidikan formal dan informal

Ukuran kesuksesan:
1. Untuk program usaha kecil; terciptanya rumah tangga yang harmonis dengan ekonomi yang mapan, akan memberikan kesadaran bagi lulusan universitas bahwa pegawai negeri sipil bukan satu – satunya lapangan kerja yang patut dikejar seperti pemahaman pada umumnya. Keterampilan usaha jauh lebih menjanjikan jika didukung permodalan yang sesuai maka akan dapat menyerap tenaga kerja jauh lebih besar dibandingkan dengan quota pegawai negeri sipil tiap tahunnya.<br /> 2. Untuk program beasiswa pendidikan; tercipta generasi muda dengan wawasan intelektual yang diharapkan dengan berjalannya waktu dapat menawarkan solusi menumbuh kembangkan potensi daerah. dengan keterampilan yang dimiliki generasi muda hasil daripada program ini tidak akan menemukan kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan sehingga dapat merangsang ataupun membawa generasi muda lainnya untuk melakukan hal yang sama.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas