KratonPedia: Portal Informasi Budaya Nusantara

487

487 - KratonPedia: Portal Informasi Budaya Nusantara


Nomor:
487

Inisiator:
KratonPedia.com divisi dari PT. Inti Artistika Solusitama

Organisasi:
KratonPedia.com divisi dari PT. Inti Artistika Solusitama

Tanggal aplikasi:
16 Sep 2011

Lokasi:
Jakarta

Dana:
2,6 Miliar Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
1 tahun

Deskripsi Proyek:
KratonPedia dibangun dengan tujuan menjadi sumber informasi budaya, hasil budaya dan peninggalan budaya leluhur di tanah Nusantara. Untuk itu KratonPedia berusaha untuk menggali, mem-basis datakan dan memetakan lokasi (geotag) budaya dan hasil peninggalan budaya tersebut.

Masalah yang ingin diatasi:
Tidak adanya sentra informasi budaya Indonesia yang lengkap dan komprehensif. Jikapun ada, informasi budaya ditampilkan dalam kemasan yang kurang menarik sehingga pemirsa (terutama kalangan muda) kurang bisa mengapresiasi. Beberapa budaya/kegiatan budaya nyaris punah karena tidak ada penerusnya. Tidak adanya Informasi lokasi, tempat2 budaya yang layak dikunjungi wisatawan (hanya itu-itu saja)

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Mendata seluruh budaya Nasional lewat simpul-simpul budaya di daerah yaitu Kraton-Kraton yang ada di Nusantara, memberikan kemasan yang menarik, bersifat sosial sehingga kalangan muda mudah mengapresiasinya, dan terus menerus mengkomunikasikan kekayaan budaya nusantara lewat media elektronik Portal Informasi Budaya. Dalam setiap informasi foto, video dan artikel, selalu memberikan informasi lokasi (geotag) sehingga wisatawana.<br /> Pihak yang akan menerima manfaat dari proyek ini adalah wisatawan lokal, wisatawan asing, mahasiswa, budayawan, dosen yang ingin menggali tentang budaya Indonesia, dan media (cetak/elektronik) untuk mendapatkan sumber-sumber foto, video untuk digunakan dalam materi pembahasan yang terkait dengan budaya Indonesia, serta rakyat daerah, pemerintah daerah seluruh Indonesia utk sebagai promosi wisata daerah.

Ukuran kesuksesan:
Jumlah member yang teregistrasi di website, Jumlah fans di facebook fanpage, jumlah follower twitter.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas