Dialog Sambung Rasa dan Pagelaran Pertunjukan Seni Nusantara Bernuansa Merah Putih yang Disiarkan Langsung Radio Komunitas

491

491 - Dialog Sambung Rasa dan Pagelaran Pertunjukan Seni Nusantara Bernuansa Merah Putih yang Disiarkan Langsung Radio Komunitas


Nomor:
491

Inisiator:
Radio Komunitas Bungtomo

Organisasi:
Radio Komunitas Bungtomo

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Banyuwangi, Jawa Timur

Dana:
345 Juta Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
1 tahun (Oktober 2011 – September 2012)

Deskripsi Proyek:
Ragam seni budaya adat dan kreasi baru yang bernuansa Bhineka Tunggal Ika yang melibatkan banyak elemen berbaur secara setara untuk satu negeri. Tampil berpindah tempat dalam ragam kesempatan. Interaktif lewat radio hingga penikmatnya tak sekedar yang menonton langsung hingga nilai-nilai yang dikandung bisa lebih tersebar. Hal ini juga upaya menjaga kearifan lokal dalam upaya karakter bangsa.

Masalah yang ingin diatasi:
Menyatukan kebersamaan dalam perbedaan dan perbedaan dalam kebersamaan melalui seni budaya. Di lapangan sering masyarakat sering terkotak-kotak dan ego fanatisme berdasarkan SARA.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Berkesenian tidak harus spektakuler dan menelan biaya yang besar serta dihadiri pejabat. Dengan kebersamaan dan kepolosan masyaakat serta menggabungkan ragam etnik untuk menjadi budaya kreasi nusantara beYang penting kearifan lokal terangkat dan terjaga kerukunan masyarakat secara gotong royong.<br /> Pihak yang akan menerima manfaat dari proyek ini adalah masyarakat lokal dan pendatang, serta para pelaku adat dan seniman pengrajin paguyuban seni budaya, fans radio, masyarakat kota dan sekitarnya dengan segementasi usia sekitar 15-75 tahun.

Ukuran kesuksesan:
Suasana hidup berbangsa dan bernegara damai sentosa saling menghormati. masyarakat bisa melaksanakan ritual adat sesuai keyakinannya. Bisa berbaur dan saling mendukung dengan terjadinya kreasi seni budaya nusantara bernuansa merah putih. Pembangunan lancar, keamanan terkendali dan tujuan nasional sebagaimana amanah pendiri bangsa tercapai.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas