Digitalisasi Data dan Layanan Informasi Pedukuhan Berbasis Online

506

506 - Digitalisasi Data dan Layanan Informasi Pedukuhan Berbasis Online


Nomor:
506

Inisiator:
Dukuh VI

Organisasi:
Dukuh VI

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Dana:
150 Juta Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
Jika web ini terwujud beserta dengan perangkat pendukungnya, maka aktivitas kegiatan ini bersifat permanen dan berkelanjutan karena bukan bersifat menghasilkan produk, melainkan ingin menciptakan model layanan masyarakat.

Deskripsi Proyek:
Dalam project ini kami akan melakukan digitalisasi terhadap business process layanan yang selama ini dilakukan secara manual menuju ke elektronik online. Ide ini adalah untuk membumikan program pemerintah yang bertajuk E-Government agar lebih dipahami dan diimplementasikan di sektor yang paling kecil dalam tata kelola pemerintahan.

Masalah yang ingin diatasi:
Selama ini belum ada tata kelola administratif yang transparan di lingkungan birokrasi, khususnya di level pedukuhan/pedesaan. Dalam hal ini kami ingin membantu masyarakat untuk mempermudah mencari informasi urusan birokrasi pedesaan.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Kami akan membuat sebuah media yang bisa diakses 24 jam oleh siapapun dan dimanapun warga desa yang membutuhkan informasi terkait birokrasi di lingkungannya. Dengan demikian masyarakat akan memperoleh hak layanan prima sebagai warga yang harus dilayani.<br /> Pihak yang akan menerima manfaat dari proyek ini adalah masyarakat Dukuh / Desa. Lokasi yang akan menerima manfaat khususnya adalah di pedukuhan VI Sonosewu, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Jika nantinya akan diadopsi ke wilayah lain juga memungkinkan, karena dengan pengembangan platform ke wilayah lain akan semakin memudahkan sinergi pelaksanaan E-Government secara terpadu.

Ukuran kesuksesan:
Jika warga dan perangkat desa telah menggunakan situs web ini sebagai rujukan utama dalam memberikan pelayanan publik yang transparan.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas