Gerakan MALU

508

508 - Gerakan MALU


Nomor:
508

Inisiator:
Rhoma Hidayat

Organisasi:
NA

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Banjarmasin

Dana:
768 Juta Rupiah

Topik hibah:
Kebebasan dan etika bermedia

Masa Aktivitas:
Februari 2012 – Oktober 2013 (9 bulan)

Deskripsi Proyek:
Gerakan Masyarakat Anti Lupa Usia (Gerakan MALU; GM) adalah gerakan non-profit, netral non-partai, dengan mengusung visi-misi pendidikan, utamanya dalam mengawasi, melindungi dan mengarahkan keseharian konsumsi media generasi muda wilayah provinsi Kalimantan Selatan.

Masalah yang ingin diatasi:
Selalu ada celah generasi muda (belia) dalam mengkonsumsi (atau malah memproduksi) hal content pemberitaan negatif dan melanggar etika (mengingat kemudahan akses berbagai media sebagai sisi negatif perkembangan zaman), serta kurang maksimalnya kita (selaku orang tua, wali, pendidik serta pemangku kebijakan) dalam mengawasi, melindungi dan mengarahkan keseharian konsumsi media mereka,

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Galang relawan aksi GM, utamanya para tokoh pemerintah, akademisi / pendidik, dll yang berdedikasi tinggi dan peduli pada pendidikan (konsumsi media) generasi muda. Sempurnakan masterplan GM, annual meeting, pemantapan relawan, perencanaan event triwulan, bulanan, atau mingguan jika memungkinkan. Galang aksi Gerakan MALU secara bertahap dengan event berupa Pendidikan dan Latihan singkat pendidik sekolah dasar, dan atau penyuluhan langsung ke daerah dengan pendekatan tertentu. Sejalan dengan itu, booming memasyarakatkan aksi gerakan MALU lewat berbagai media cetak-elektronik wilayah setempat.<br /> Pihak yang akan menerima manfaat dari proyek ini adalah peserta didik generasi muda, utamanya tingkat sekolah dasar secara bertahap dalam wilayah provinsi kalimantan selatan (kedepannya SMP-SMA/sederajat), pihak masyarakat lokal-umum, utamanya orang tua / wali peserta didik setempat wilayah Kalimantan Selatan, dan pihak perangkat sekolah dasar hingga dinas pendidikan dan pemangku kebijakan setempat wilayah provinsi kalimantan selatan dalam usaha pemenuhan visi dan misi pendidikan.

Ukuran kesuksesan:
1. Meningkatnya kesadaran masyarakat dalam mengapresiasi Gerakan MALU (bisa berupa survey, dll),<br /> 2. Tiap gerai jasa / penjualan barang yang memungkinkan akses bebas terhadap media (negatif), contoh warung internet (warnet), toko ponsel, radio-televisi lokal/daerah dll dalam wilayah setempat turut mendukung Gerakan MALU,<br /> 3. Dukungan dan atau kemitraan relawan dari berbagai pihak, utamanya dari para tokoh perangkat pendidik (guru), dinas pendidikan, akademisi, pemangku kebijakan, dll yang makin meningkat,<br /> 4. Konsumsi (dan produksi) media negatif pada generasi muda wilayah provinsi kalsel menurun.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas