Tell Us

513

513 - Tell Us


Nomor:
513

Inisiator:
Rendi Meliala

Organisasi:
NA

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Bandung

Dana:
600 Juta Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
Januari – Desember 2012

Deskripsi Proyek:
Saat ini teknologi informasi berkembang dengan sangat pesat, setiap orang dapat mengakses informasi dengan mudah, dimanapun, dan kapanpun. Hal ini didukung juga dengan perkembangan media yang memanfaatkan teknologi internet dalam menyediakan fitur atau informasi yang mereka sediakan. Namun belum banyak media yang memberikan fitur yang dapat digunakan oleh user untuk membuat berita, berbagi informasi, ataupun menanggapi/berekspresi terhadap semua fakta/berita yang terjadi. Berawal dari sebuah quote yang berkata “One picture is worth more than ten thousand words”, kami memiliki ide yang diberi nama Tell Us. Tell Us ini adalah sebuah media yang difokuskan penggunaannya pada mobile application, melalui media ini setiap orang dapat membuat berita, berbagi informasi, dan berekspresi melalui gambar atau video singkat. Melalui Tell Us user diajak untuk membuat content dari sebuah foto atau video. Berita/content berbentuk foto atau video yang aktual dan otentik merupakan hal yang penting, di Tell Us hal itu terjamin oleh informasi user yang membuat content tersebut. Mobile Application Tell Us diharapkan dapat menjadi media yang memberikan kebebasan bagi setiap orang untuk membuat berita, berbagi informasi, dan saling berekspresi.

Masalah yang ingin diatasi:
Banyak sekali berita, fakta, informasi, ataupun bentuk informasi lainnya yang terjadi di sekitar kita namun tidak dapat didokumentasikan. Melalui Tell Us setiap orang dapat saling berbagi informasi atau berita menggunakan content foto atau video singkat, sehingga setiap kejadian yang terjadi di sekitar kita yang merupakan informasi atau berita penting dapat dengan segera disharingkan tidak terbatas pada lokasi, waktu, ataupun asal kalangan. Setiap orang dapat melihat informasi berita yang disharingkan menggunakan foto atau video tersebut dan dapat saling memberi komentar ataupun bertukar informasi. Perkembangan informasi ini juga akan terpantau melalui history dari setiap interaksi yang ada. Banyaknya berita atau informasi yang tidak otentik merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi, namun pada Tell Us keotentikan informasi yang dibagikan harus dapat dipertanggungjawabkan oleh user atau orang yang membuat content tersebut, hal ini dapat dijamin oleh detail informasi dari user yang membuat content.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Mobile Application Tell Us menyediakan fitur bagi para user untuk saling berbagi informasi atau berita yang ada di sekitarnya menggunakan foto atau video singkat. Dengan melihat perkembangan telepon seluler pada saat ini yang rata-rata sudah dilengkapi dengan camera digital serta masyarakat Indonesia yang gemar mendokumentasikan kegiatan mereka atau fakta kejadian di sekitar mereka ke dalam foto atau video singkat, maka konten lokal akan semakin mudah diperoleh tentunya dengan memanfaatkan teknologi tepat guna Tell Us ini. Kebebasan dalam membuat content ini juga terikat oleh detail identitas user, sehingga kebebasan dalam membuat content di Tell Us adalah kebebasan yang bertanggung jawab.<br /> Pihak yang akan menerima manfaat dari proyek ini adalah masyarakat dari semua kalangan yang membutuhkan update informasi atau ingin membuat berita/konten lokal dapat memanfaatkan Tell Us, yaitu masyarakat yang sudah menggunakan telepon seluler/gedget dan dapat memakai aplikasi yang ada di dalamnya, teridiri dari kalangan remaja sekitar umur 18-24 tahun, kalangan dewasa sekitar umur 25-35 tahun, serta orang tua dengan kisaran umur di atas 35 tahun. Sedangkan untuk lokasinya, aplikasi ini dapat diterapkan di seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau oleh jaringan komunikasi minimal GPRS.

Ukuran kesuksesan:
Keberhasilan implementasi dari mobile application ini dapat dilihat dari persebaran penggunanya dan banyaknya content yang aktif dibuat. Melalui mobile application ini kita tidak hanya dapat memantau informasi yang terpusat pada satu lokasi saja, namun kita harus dapat memantau dan memperoleh informasi di tempat lain yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain penggunaan yang tersebar, content atau informasi berita yang ada juga harus tercipta dengan aktif atau update waktu yang relatif cepat. Kedua parameter ini cukup mewakili untuk mengukur apakah Tell Us dapat termanfaatkan dengan baik.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas