Mobil Wifi: Meningkatkan peran serta masyarakat dan media rakyat dengan sarana media informasi berbasis internet

529

529 - Mobil Wifi: Meningkatkan peran serta masyarakat dan media rakyat dengan sarana media informasi berbasis internet


Nomor:
529

Inisiator:
Gandhi Prasetyo

Organisasi:
NA

Tanggal aplikasi:
16 Sep 2011

Lokasi:
Surabaya, Jawa Timur

Dana:
950 Juta Rupiah

Topik hibah:
Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Masa Aktivitas:
Januari 2012 sampai Januari 2013

Deskripsi Proyek:
Proyek ini nantinya akan membuat sebuah mobil yang mana di mobil itu akan mempunyai fasilitas wifi, netbook, proyektor dan genset. Dengan adanya mobil ini, kami dapat melakukan workshop dan kegiatan sosialisasi media dan internet tanpa terbentur dengan lokasi dan ketersediaan prasarana. Kami dapat bergerak ke daerah pesisir, ke sekolah2 di pedesaan, sekolah anak jalanan, dll. Kami dapat dengan lincah memberikan workshop baik itu blog, internet sehat, sosial media, etika berinternet bahkan internet marketer dan enterpreneurship. Dengan adanya mobil wifi ini kami dapat secara berkala mengunjungi lokasi2 tersebut sehingga harapan kami ke depan nantinya mobil wifi dapat menjadi maskot atau icon masyarakat walaupun Cuma di pinggiran. Dengan adanya mobil wifi ini kami berharap nantinya mereka akan sadar dan terbuka, bahwa dunia internet bisa menyampaikan aspirasi mereka dan mempublikasikan sumber daya mereka.

Masalah yang ingin diatasi:
1. Keterbatasan akses internet di daerah pelosok dan pinggiran.<br /> 2. Masih ada penghalang geograpis untuk menyebarkan internet dan pemanfaatannya<br /> 3. Belum diterapkannya internet terapan sesuai bidang yang dikuasai penduduk tsb (e-learning, media online, marketing online, enterprenenur, dll)<br /> 4. Kurangnya penyedia asupan informasi dasar seperti Buku sekolah Elektronik dll untuk masyarakat pinggiran dan kaum tertentu.<br /> 5. Belum adanya jaringan media masyarakat terpinggirkan dan masyarakat non internet sebagai media balancing<br /> 6. Belum ada Jaringan media berbasis kemasyarakatan<br /> 7. Rendahnya kesadaran masyarakat tentang internet sehat dan etika berinternet. Sosialisasi tentang sosial media/jejaring sosial sangat minim.<br /> 8. Keterbatasan melakukan edukasi berbasis internet seperti workshop, go-blog, multimedia, jaringan, instalasi dan pengenalan komputer dll dikarenakan LOKASI dan keterbatasan TEMPAT yg tidak terjangkau BTS atau jaringan internet.<br /> 9. Lemahnya posisi masyarakat pinggiran jika melawan media mainstream, masyarakat perlu mendapat bahwa mereka bisa menjadi civil media secara online.<br /> 10. Belum adanya jaringan komunikasi berbasis TI antar masyarakat.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Dengan adanya mobil wifi dengan segala fasilitasnya maka kami akan:<br /> 1. Dapat dengan mudah bergerak ke daerah2 yang belum terjamah internet baik itu sekolah, kampung, desa, kelompok2 tani,nelayan, anak jalanan dll<br /> 2. Setelah mengenalkan internet kami akan berbagi tentang keuntungan dan manfaat internet disesuaikan dengan kondisi mereka<br /> 3. Mengenalkan pada enterpreneurship berbasis marketing online untuk masyarakat yang daerahnya mempunyai potensi sumber daya yang bisa dijual<br /> 4. Mendatangi sekolah2 yang selama ini tak mengenal internet karena lokasi dan sarana yang tidak memadai.<br /> 5. Tiap2 lokasi akan kami kenalkan dengan civil media, dan nantinya akan kami integrasikan dalam sebuah jaringan yang saling terhubung.<br /> 6. Wilayah perkotaan juga akan kami sentuh, terutama tempat2 para kawula muda berkumpul.<br /> 7. I ntegrasi ini akan kami setting sedemikian rupa sehinga bisa menjadi balancing media mainstream.<br /> 8. Mobil wifi ini akan bekerja sama dengan komunitas diluar internet seperti lingkungan hidup, anak2 inklusi, difabel, dll.<br /> Pihak yang akan menerima manfaat dari proyek ini adalah kelompok tani dan nelayan surabaya dan sekitarnya, kelompok pelajar dari sd-sma surabaya dan sekitarnya, kelompok belajar anak jalanan surabaya dan sekitarnya, kelompok masyarakat disemua lokasi surabaya dan sekitarnya, pemerintah baik daerah maupun pusat khususnya instansi terkait, sodara2 inklusi dan difabel, kaum muda surabaya, penggiat internet nasional, vendor/sponsor, semua kalangan.

Ukuran kesuksesan:
Keberhasilan dilihat dari seberapa sering dan konsisten mereka mengupdate portal berita atau media rakyat yang akan kami buat untuk masing2 lokasi yang spesifik. Kami memantau melalui main portal yang mana semua portal berita rakyat itu bermuara di main portal kami. Kami juga akan memantau seberapa efektif mereka memanfaatkan media internet untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas