Khazanah Negeriku

567

567 - Khazanah Negeriku


Nomor:
567

Inisiator:
Khazanah Negeriku

Organisasi:
Khazanah Negeriku

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Denpasar, Bali

Dana:
990 Juta Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
Januari 2012 – Januari 2012 (12 bulan)

Deskripsi Proyek:
Menggali dan mendokumentasikan berbagai kearifan lokal yang mengususng semangat persaudaraan, penghormatan terhadap perbedaan, cara-cara mengatasi masalah dengan musyawarah yang terkandung dalam hikayat, dongeng, adagium, kebiasaan, tradisi dan lain-lain, di seluruh Indonesia.

Masalah yang ingin diatasi:
Tidak adanya pendokumentasian dan publikasi yang tertata baik membuat semangat “kebersamaan dalam kebhinekaan” serta cara mengatasi berbagai persoalan-persoalan hidup bersama yang terdapat dalam kearifan lokal tenggelam dalam arus besar industri informasi komersial.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Mengumpulkan dan mendokumentasikan kearifan lokal-kearifan lokal tersebut dan mempublikasikannya dalam sebuah situs internet sehingga menjadi semacam ensikopedia terbuka yang dapat dirujuk oleh siapa saja terutama dalam penyelesaian suatu masalah.<br /> Pihak yang menerima manfaat dari proyek ini adalah masyarakat Indonesia.

Ukuran kesuksesan:
Tingginya tingkat kunjungan, umpan balik, dan partisipasi masyarakat untuk memberi masukan, koreksi, penambahan materi untuk penyempurnaan situs ini.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas