Malukupedia

575

575 - Malukupedia


Nomor:
575

Inisiator:
MalukuPedia.org

Organisasi:
MalukuPedia.org

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Ambon, Maluku

Dana:
508 Juta Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
Februari 2012 – Februari 2013 (1 tahun)

Deskripsi Proyek:
Konten budaya, bBahasa asli, sejarah dan potensi pariwisata Maluku begitu kaya dan secara spesifik berbeda dari satu desa dengan desa lainnya, konten tersebut adalah barang langka, bahkan hampir punah di kalangan masyarakat Maluku sendiri. Hal ini dikarenakan konten tersebut tidak pernah terdokumentasi secara tertulis dan hilangnya budaya bertutur dari para tetua kepada generasi beikutnya yg telah terkouptasi oleh teknologi media mainstream. Proyek ini dirancang untuk mendata kembali hal-hal di atas baik berupa data tertulis dan foto, pada tingkat kecamatan dari para tetua penutur desa terpilih dan mengensiklopedikan ke dalam media online, dan disosialisasikan secara regular pada social media agar bisa di akses siapa saja terutama generasi muda Maluku. Dokumentasi konten ini juga dikembalikan kepada desa dalam bentuk litertur tertulis agar dapat digunakan untuk pembelajaran kembali kepada generasi muda baik melalui muatan lokal ataupun pendidikan luar sekolah.

Masalah yang ingin diatasi:
1. Minimnya konten Budaya, Bahasa asli, sejarah dan potensi pariwisata Maluku baik dalam buku atau media online.<br /> 2. Hilangnya pengetahuan sejarah dan budaya, pada generasi muda Maluku.<br /> 3. Minimnya dokumentasi fotografi, baik untuk budaya atau pariwisata desa-desa.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Dengan bermitra dan memberikan pelatihan menulis pada tingkat kecamatan kepada guru atau pemuda, yang kemudian menuliskan konten Budaya, Bahasa asli, sejarah dan potensi pariwisata Maluku dari satu, dua desa terpilih di kecamatannya dan melakukan dokumentasi fotografi dari desa tersebut. Data konten kemudian diensiklopedikan dengan baik dalam website, dan secara regular disosialisasikan melalui social media. Dokumentasi konten juga dikembalikan kepada desa dalam bentuk literatur tertulis agar dapat diajarkan kembali pada generasi muda melalui muatan lokal atau pendidikan luar sekolah. Dengan demikian budaya asli dapat dipreservasikan, dan dapat menjembatani hilangnya budaya bertutur para tetua penutur kepada generasi muda.<br /> Pihak yang menerima manfaat dari proyek ini adalah masyarakat umum, terutama di Maluku.

Ukuran kesuksesan:
1. Data konten baik data tertulis ataupun foto mengenai Budaya, Bahasa asli, sejarah dan potensi Pariwisata dari desa-desa Maluku dapat diselamatkan dan terdokumentasikan dengn baik.<br /> 2. Data konten dapat tersosialisasi melalui penggunaan social media yang notabene penggunanya generasi muda.<br /> 3. Data konten tersebut dapat diajarkan kembali kepada generasi muda melalui muatan lokal atau pendidikan luar sekolah.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas