Portal Komunitas Organisasi Mahasiswa

578

578 - Portal Komunitas Organisasi Mahasiswa


Nomor:
578

Inisiator:
Move Indonesia

Organisasi:
Move Indonesia

Tanggal aplikasi:
16 Sep 2011

Lokasi:
Malang, Jawa Timur

Dana:
413 Juta Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
Januari sampai Desember 2012 (1 tahun)

Deskripsi Proyek:
Program ini adalah program untuk membangun jaringan berbagai organisasi mahasiswa dalam sebuah media online sebagai ruang berkomunikasi, bertukar informasi dan saling menginspirasi. Program ini memotivasi organisasi mahasiswa agar terbiasa mempublish karya dan aktivitasnya.

Masalah yang ingin diatasi:
1. Belum ada media komunikasi bersama yang menjadi ruang berkomunikasi, bertukar informasi dan saling menginspirasi antar organisasi mahasiswa se-Malang.<br /> 2. Di kota Malang terdapat sekitar 590-an organisasi mahasiswa yang masih aktif, namun kebanyakan organisasi mahasiswa belum/kurang mempublish aktivitas dan karyanya melalui web/blog, karena mereka belum memiliki web/blog, ataupun sudah memiliki tapi tidak dirawat.<br /> 3. Dari penelitian yang kami lakukan pada tahun 2010 terhadap 594 organisasi mahasiswa, saat ini banyak organisasi mahasiswa di Malang yang menurun kualitasnya dibandingkan generasi-generasi sebelumnya, baik dari segi visi, konsep, keorganisasian, ide, proses kegiatan, kuantitas dan kualitas sumber daya manusia.<br /> 4. Banyak pelaku-pelaku organisasi mahasiswa kurang peka terhadap sekitar dan sibuk dengan kepentingan dirinya sendiri.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
1. Membuat sebuah pelatihan massal yang bertema “berilmu, berkarya, bersuara, dan nasionalis”. Pelatihan ini diikuti 2-3 orang perwakilan tiap-tiap organisasi mahasiswa se-Malang (ada 590-an organisasi mahasiswa), untuk menginspirasi dan membuka wacana perlunya aktivis organisasi mahasiswa memiliki banyak ide dan kegiatan, serta selalu mempublish pemikiran dan aktivitasnya.<br /> 2. Membuat sebuah media komunikasi bersama komunitas organisasi mahasiswa se-Malang, berupa portal (nantinya bisa diduplikasikan di kota-kota lain, dan dikembangkan menjadi area propinsi maupun nasional)<br /> 3. Portal komunitas organisasi mahasiswa ini berisi agenda kegiatan, liputan kegiatan, database organisasi mahasiswa, dan yang terutama adalah berbagai materi yang ingin “ditularkan” secara berkala kepada para aktivis organisasi mahasiswa antara lain: leadership, berpikir global, kepekaan sosial,inspirasi pemikiran positif, motivasi ide-ide kreatif, mentalitas berkarya, dan semangat nasionalisme.<br /> 4. Mengadakan workshop mentalitas public relation (diadakan 5 kali)<br /> 5. Mengadakan workshop jurnalistik (diadakan 5 kali)<br /> 6. Mengadakan workshop membuat blog/web dan optimasi jejaring sosial (diadakan 5 kali)<br /> 7. Memperlombakan karya multimedia (tulisan, flash, power point, video, dll) dengan tematik kampanye mengkritisi dan membangun kepekaan sosial/lingkungan<br /> 8. Memperlombakan web/blog organisasi mahasiswa<br /> Pihak yang menerima manfaat dari proyek ini adalah 250 orang wakil masyarakat, dari 8 kepulauan di NTT (Timor, Flores, Alor, Sumba, Sabu, Rote, Lembata, Solor).

Ukuran kesuksesan:
1. Para aktivis organisasi mahasiswa se-Malang (ada 590 organisasi mahasiswa di Malang, bila diasumsikan tiap organisasi mahasiswa ada 30 anggota aktif, berarti paling tidak ada 18.000 orang yang merasakan langsung)<br /> 2. Para alumni organisasi mahasiswa<br /> 3. Masing-masing perguruan tinggi<br /> 4. Masyarakat umum (dampak tidak langsung)

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas