NBC (Nias Bangkit dot Com)

581

581 - NBC (Nias Bangkit dot Com)


Nomor:
581

Inisiator:
Yayasan Delasiga

Organisasi:
Yayasan Delasiga

Tanggal aplikasi:
16 Sep 2011

Lokasi:
Bekasi, Jawa Barat

Dana:
600 Juta Rupiah

Topik hibah:
Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Masa Aktivitas:
12 bulan

Deskripsi Proyek:
Nias Bangkit dot Com, atau NBC, merupakan sebuah majalah on-line yang menyajikan informasi masalah-masalah social, budaya, investasi, pariwisata serta hal-hal lain yang berkaitan dengan perkembangan Kepulauan Nias. Sejak terbit 2010, sudah lebih dari 1266 laporan jurnalistik wartawan NBC telah dipublikasikan. NBC pun menjadi media informasi masyarakat baik yang tinggal di Nias dan perantau. Kelompok pembaca lain adalah orang-orang yang tertarik dengan budaya dan wisata di Nias. Mereka mengenal NBC lewat jejaring sosial dan kerjasama NBC dengan media nasional seperti situs berita www.detik.com dan www.kompas.com.<br /> Sebenarnya NBC hadir sebagai sebuah media yang berusaha mengkontrol terhadap tata pemerintahan Pulau Nias sebagai daerah yang baru dimekarkan. Ini adalah respon terhadap rendahnya peran media massa lokal dan lemahnya kontrol good governance di 5 kabupaten/kota baru.

Masalah yang ingin diatasi:
Kontrol social terhadap hasil pemekaran Nias 2010 tentu amat dibutuhkan. Sayang media dan kelompok masyarakat sipil masih punya banyak kelemahan. Media Massa di Nias merupakan media massa yang terbit musiman dan tidak menentu. Modal usaha kecil dan kualitas wartawan yang buruk. Misalnya, NBC berkali-kali memberikan surat teguran kepada pengelola media yang terbukti mencontek berita NBC secara tidak etis. Kolusi antara wartawan dan sumber berita amat mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Wartawan sering mengirimkan laporannya ke beberapa media. Media massa nasional nampak kurang berpengaruh. Media cetak dari Jakarta dan Medan datang terlambat dan tidak menempatkan wartawan di Nias. Kehadiran NBC seolah diterima sebagai sesuatu yang baru oleh kalangan wartawan local. Mereka merasa aneh dengan cara kerja dan system penggajian serta aturan kerja yang diberlakukan. Untuk dapat mewujudkan visi dan misinya NBC butuh wartawan dengan kualitas yang lebih baik. Demikian pula sarana/infrastruk kerja yang lebih memadai lagi.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Melaksanakan program penguatan kapasitas jurnalis dan juga pelibatan stakeholder dalam melakukan pemantauan tata pemerintahan. Memperhatikan jumlah pengungjung, hits dan nilai informasi yang harus disimpan dan disajikan, kami berencana meningkatkan kemampuan infrastruktur teknis dan organisasi. Secara lebih detil, program yang dimaksud adalah:<br /> <br /> Pertama, meningkatkan kapasitas jurnalis yang tersebar di 5 kota/kabupaten Nias dalam hal etika jurnalistik, kemampuan liputan investigatif, dan pemahaman masalah-masalah sosial kemasyarakatan, khususnya keberagaman di lingkungannya.<br /> Kedua, meningkatkan kinerja organisasi dan SDM melalui penyusunan dan implementasi Kebijakan Organisasi dan System Prosedur<br /> Ketiga, peningkatan kinerja teknis situs melalui penggunaan Virtual Private Server.<br /> Keempat, dukungan pendanaan operasional bagi upah penulisan berita dan artikel (Opini dan Travel), serta biaya peliputan khusus (Perjalanan Dinas, Akomodasi dan Transport).<br /> Pihak yang menerima manfaat dari proyek ini adalah masyarakat Nias baik dari Kabupaten/Kota di Pulau Nias maupun yang berada di perantauan, wartawab dan Stakeholder NBC.

Ukuran kesuksesan:
NBC menerbitkan pemberitaan sebanyak 150 pemberitaan/artikel setiap bulannya.<br /> – Mampu melakukan peliputan pelaksanaan good governance di kepulauan Nias secara sistematis dan terkoordinasi<br /> – Memiliki proses dan prosedur kerja yang tertata dengan baik dan baku.<br /> – Average Load Time situs < 5 detik<br /> – Organisasi mampu memberikan reward yang cukup bagi stake holder yang berpatisipasi dalam misi organisasi.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas