WIDIA (Wifi Media)

584

584 - WIDIA (Wifi Media)


Nomor:
584

Inisiator:
Komunitas Persaudaraan Muslim

Organisasi:
Komunitas Persaudaraan Muslim

Tanggal aplikasi:
16 Sep 2011

Lokasi:
Jakarta

Dana:
1,5 Miliar Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
Januari – Desember 2012 (12 bulan)

Deskripsi Proyek:
WIDIA (Wifi Media) adalah sebuah media yang menggunakan teknologi wifi. Dimana teknologi wifi ini memudahkan masyarakat untuk mengakses (mendapatkan dan memberikan) informasi (citizen jurnalism) dengan cepat, tepat, akurat, netral, dapat dipercaya dan bebas biaya.

Masalah yang ingin diatasi:
Di era teknologi yang demikian pesat ini, ternyata tidak semua lapisan masyarakat dapat mengakses informasi. Kesulitan mengakses informasi disebabkan beberapa hal, seperti tidak sesuainya informasi yang dibutuhkan, mahalnya biaya untuk mengakses informasi, arus informasi saat ini yang bersifat satu arah sehingga masyarakat seakan “dipaksakan” menerimanya, tidak netralnya suatu informasi sehingga lebih menguntungkan suatu kelompok yang berkepentingan, sulitnya masyarakat pelosok memberikan informasi secara langsung karena untuk memberikan informasi harus memanggil wartawan atau mendatangi kantor media(tv, radio, cetak) yang jaraknya sangat jauh, ditolaknya produk informasi yang dibuat oleh masyarakat lokal karena dinilai tidak menguntungkan bisnis media(tv, radio, cetak), tidak adanya filter informasi yang berpihak kepada rakyat, sulitnya mendapatkan kembali informasi yang telah lewat karena masyarakat membutuhkannya kembali untuk referensi dalam dunia pendidikan, kesehatan, usaha dan lain sebagainya.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Dengan WiDia (Wifi Media) ini kami memberikan solusi atas permasalahan diatas dengan mendirikan menara-menara wifi dan stasiun-stasiun WiDia. Dimana menara wifi tersebut berfungsi sebagai jalur transmisi informasi dua arah dari stasiun WiDia ke masyarakat dan sebaliknya. Adapun stasiun WiDia berfungsi sebagai server lokal yang menyimpan dan memfilter informasi lokal lalu menyebarkannya dalam jaringan WiDia. Adapun masyarakat dapat menerima atau mengirim informasi melalui perangkat wifi(telepon seluler, komputer, tv ip, telepon ip, dll) jika perangkat tersebut tidak ada maka masyarakat dapat mendatangi stasiun WiDia terdekat. Masyarakat dapat langsung mendapatkan informasi sesuai dengan yang dibutuhkannya. Informasi yang ada tersimpan dalam server lokal ataupun server pusat, sehingga dapat diakses kapanpun oleh masyarakat.<br /> Oleh karena semua informasi tersaji dari dan untuk masyarakat maka semua fasilitas informasi tersebut dapat diakses dengan bebas biaya oleh masyarakat.<br /> Pihak yang menerima manfaat dari proyek ini adalah masyarakat Jakarta, Banten, Depok, Bogor, Cianjur, Bandung, Garut, dan Tasikmalaya.

Ukuran kesuksesan:
Proyek ini berhasil jika masyarakat menjadikan WiDia sebagai sumber informasi setiap saat diperlukan. (ditunjukkan dengan jumlah lalulintas pengakses yang meningkat)

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas