Blogger Masuk Desa

609

609 - Blogger Masuk Desa


Nomor:
609

Inisiator:
Taufik Al Mubarak

Organisasi:
NA

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Aceh

Dana:
700 Juta Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
Januari – Desember 2012

Deskripsi Proyek:
Program ini adalah Blogger Masuk Desa yang dimaksudkan untuk mendorong penyediaan informasi berbasis desa atau kampung. Program ini nantinya akan menyediakan informasi-informasi dari desa dan terupdate dalam sebuah blog. Diharapkan dengan adanya blog desa ini, semua informasi dari kampung yang tak tercover media mainstream bisa tersedia. Selain itu, akan memotivasi masyarakat untuk memanfaatkan blog dalam menyebarkan informasi dan kearifan lokal.

Masalah yang ingin diatasi:
Banyak informasi di kampung yang luput dari pantauan media. Dengan adanya blogger masuk kampung ini, informasi-informasi tersebut bisa diketahui kalangan yang lebih luas. Pasalnya, banyak sekali informasi penting dan menarik berasal dari kampung, tapi sering kurang menarik bagi media mainstream. Selain itu kita ingin pemberitaan mengenai masyarakat kecil, bukan melulu tentang orang-orang ternama.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Pada tahap pertama akan dididik dan dilatih beberapa orang pengetahuan menulis (minimal menulis berita dan artikel) serta pengetahuan cara membuat dan menggunakan blog. Selanjutnya akan dibuat sebuah blog utama serta masing-masing blog setiap kecamatan. Orang-orang yang sudah dilatih nantinya akan ditempatkan minimal satu orang per kecamatan. Mereka yang akan aktif menulis dan meliput informasi di kampung-kampung dalam kecamatan di bawah tanggung jawabnya. Sehingga nantinya semua informasi dari desa bisa tercover dalam sebuah blog dan diakses oleh kalangan luas.<br /> Pihak yang menerima manfaat dari proyek ini adalah 30 anggota masyarakat dari dua Kabupaten (Pidie dan Pidie Jaya) yang dididik sebagai penulis blog. Proyek ini juga akan memberi keuntungan kepada media mainstream atau pemangku kepentingan di Pidie dan Pidie Jaya untuk mengetahui kebutuhan dan perkembangan di daerahnya serta apa yang harus dilakukan.

Ukuran kesuksesan:
Tersedia informasi secara teratur tentang perkembangan, peristiwa atau aspirasi yang disuarakan masyarakat dalam sebuah blog, 30 kecamatan nantinya akan memiliki blog masing-masing, dan meningkatnya minat masyarakat untuk menulis blog di Pidie dan Pidie Jaya.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas