Radio Komunitas Taratak FM Penuh Konten Lokal

611

611 - Radio Komunitas Taratak FM Penuh Konten Lokal


Nomor:
611

Inisiator:
Perkumpulan Penyiaran Komunitas Radio Taratak 107.7 FM

Organisasi:
Perkumpulan Penyiaran Komunitas Radio Taratak 107.7 fm

Tanggal aplikasi:
16 Sep 2011

Lokasi:
Sumatera Barat

Dana:
120 Juta Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
Februari – Oktober (8 bulan)

Deskripsi Proyek:
Radio komunitas Taratak FM dengan berbagai fasilitas pendukung yang dimilikinya mampu mendidik dan menambah pengetahuan warganya melalui berbagai acara konten lokal yang digarapnya sehingga radio ini bisa merubah kualitas hidup warganya.

Masalah yang ingin diatasi:
Melihat radio yang kebanyakan acaranya bersifat hiburan dan bisnis menyebabkan tidak semua warga menjadikan radio sebagai tempat mendapatkan informasi terutama berita lokal. Dan acara muatan lokal yang lainnya yang dapat menambah pengetahuan dan wawasan warga. Radio komunitas Taratak fm ingin merubah acaranya terkendala oleh peralatan dan perlunya penambahan pengelola radio yang terlatih untuk menggarap acara tersebut. Sedangkan untuk mencapainya selalu terkait dengan kekurangan dana. Disamping itu tidak semua warga bisa mengakses internet, membeli Koran/majalah dikarenakan berbagai penyebab termasuk alasan kemiskinan dan jarak yang terpencil. Hal ini menyebabkan kurangnya warga mendapatkan informasi. Petani yang kebanyakan hidup miskin dengan latar belakang pendidikannya yang rendah juga perlu pembinaan melalui informasi di radio. Selain itu kurangnya sosialisasi tentang program pemerintah terbaru yang menyebabkan warga tidak tahu atau terlambat mengetahuinya.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Tersedianya peralatan siar yang memadai baik dengan cara mengganti peralatan siar yang belum memenuhi standart dan menambah peralatan pendukung seperti komputer dan internet. Ini bertujuan sebagai sumber materi siaran. Sekaligus digunakan untuk memberikan pelatihan komputer dan internet gratis kepada warga terutama warga miskin dan putus sekolah sebagai kegiatan off air radio. Memproduksi berbagai acara lokal lebih banyak termasuk berita liputan citizen journalist radio Taratak, punyuluhan, dialog interaktif, dan acara lain yang menambah pengetahuan. Juga tersedianya peralatan untuk menyiar langsungkan acara dari lapangan. Mengadakan pelatihan bagi calon pengelola radio yang merupakan perwakilan warga dari setiap dusun/desa dalam wilayah jangkauan siar radio Taratak. Mereka akan ditugaskan untuk menggarap berbagai acara lokal, mencari berita, kritik saran dari warga sebagai bentuk pengawasan acara radio. Berita dan aspirasi warga yang mereka dapatkan selain disiarkan diradio juga diterbitkan di web. Rencana selanjutnya, perlu dibuat siaran berjaringan dengan radio lain via radio streaming.<br /> Pihak yang menerima manfaat dari proyek ini adalah warga masyarakat dalam wilayah jangkauan siar Radio Taratak FM.

Ukuran kesuksesan:
Terselenggaranya berbagai acara konten lokal seperti penyuluhan pertanian, pendidikan, dialog interaktif membahas isu lokal, berita lokal liputan citizen journalism secara rutin dan diterbitkan juga di web dan juga acara sosial budaya.<br /> Tingginya antusias warga untuk mendengarkan dan terlibat langsung baik sebagai citizen journalism yang aktif mencari berita sekaligus menggarap konten lokal di Radio Taratak FM.<br /> Adanya perubahan perilaku dan pola pikir warga karena mendengarkan acara di Radio Taratak FM.<br /> Dimanfaatkannya komputer dan fasilitas internet gratis yang dikelola radio oleh warga untuk peningkatan pengetahuannya.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas