Pengarusutamaan Isu Masyarakat Akar Rumput lewat Video Seluler dan Open Source

617

617 - Pengarusutamaan Isu Masyarakat Akar Rumput lewat Video Seluler dan Open Source


Nomor:
617

Inisiator:
Komunitas Gethux Linux

Organisasi:
Komunitas Gethux Linux

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Purwokerto, Jawa Tengah

Dana:
Rp 87 juta rupiah

Topik hibah:
Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Masa Aktivitas:
8 bulan (Januari 2012-Agustus 2012)

Deskripsi Proyek:
“Isu-isu masyarakat rumput masih tenggelam di belantara pemberitaan media massa dibanding isu yang dimainkan para elit dan politisi. Pemberitaan masyarakat akar rumput dibingkai dalam ikon tawuran antarkampung, pencurian, perkosaan, perusuh, dan keterbelakangan. Pada kenyataannya banyak gagasan cerdas muncul dari masyarakat akar rumput untuk bertahan hidup, membuat usaha bersama, berpartisipasi dalam pembangunan, dan membangun hidup bersama dalam keberagaman. Penyebaran kamera seluler sangat cepat sehingga bisa dimanfaatkan untuk pengarusutamaan isu-isu masyarakat akar rumput. Di kampung-kampung di Banyumas, banyak warga yang memiliki teknologi ini. Namun, hasil-hasil dari rekaman perlu di sunting dengan aplikasi video editor. Komunitas Gethux Linux di Purwokerto mengembangkan pemanfaatan aplikasi video editor berbasis open source seperti Kdenlive dan Open Shoot untuk mendukung pengemasan video tersebut. Munculnya Portal YouTube dan Engagemedia membuat pertukaran karya video dengan lisensi Creative Commons. Hasil-hasil video seluler akan dipublikasikan melalui portal tersebut dan diembed ke portal peta kampung (http://petakampung.net). Kegiatan-kegiatan kampung juga bisa ditonton secara bersama (nonton bareng/screening) agar bisa diakses oleh publik. Informasi-informasi yang penting akan dihubungkan dengan para penentu kebijakan (decision maker) untuk mendapat tindaklanjut. Video tersebut juga digunakan untuk mempengaruhi kebijakan-kebijakan di tingkat kabupaten. ”

Masalah yang ingin diatasi:
“1. Pembingkaian negatif atas masyarakat akar rumput di media massa 2. Penggunaan kamera seluler untuk pengarusutamaan isu masyarakat akar rumput sangat minim 3. Pengetahuan dan keterampilan pengemasan/penyuntingan video menggunakan open source perlu ditingkatkan ”

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
1. Mendorong para pengguna ponsel berkamera untuk peliputan kegiatan-kegiatan warga 2. Pertukaran video seluler, melalui internet (youtube dan engagemedia) dan nonton bareng 3. Pelatihan pembuatan video kamera seluler dan open source (kdenlive) 4. Membangun komunikasi multipihak (warga, media, dan pemerintah) untuk tindaklanjut informasi warga Yang diuntungkan: 1. Mahasiswa perguruan tinggi di banyumas dan sekitarnya 2. 10 SMK di Banyumas, Cilacap, Purbalingga, dan Banjarnegara 3. Komunitas Pengguna GethuxLinux 4. Blogger Banyumas 5. Komunitas BlankOn Banyumas 6. KPLI Banyumas

Ukuran kesuksesan:
“1. Ada 15 karya video perbulan 2. Ada pertemuan untuk tindaklanjut dari pemerintah atas karya video 3. Ada 1000 penonton yang hadir dalam nonton bareng”

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas