TAMBankdatArupiaH

621

621 - TAMBankdatArupiaH


Nomor:
621

Inisiator:
Raymond Sunardi

Organisasi:
NA

Tanggal aplikasi:
16 Sep 2011

Lokasi:
Serpong, Tangerang

Dana:
1 Miliar Rupiah

Topik hibah:
Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Masa Aktivitas:
NA

Deskripsi Proyek:
Tambang data berasal dari kata data mining atau penggalian data, sedangkan rupiah menunjukkan hasil proyek kerja penggalian data ini akan sangat bernilai bagi Indonesia. Penggalian data sendiri adalah teknologi terbaru di bidang database yang berukuran sangat besar untuk menemukan suatu pola yang sangat bernilai bagi suatu organisasi atau perusahaan. Situs tambankdatarupiah.co.id tampil sebagai media yang mengomunikasikan dunia edukasi dan dunia kerja dalam bidang penerapan teknologi penggalian data di Indonesia agar terjadi kolaborasi yang terintegrasi dalam penyelesaian proyek-proyek di bidang teknologi penggalian data. Tim peneliti dalam proyek tambankdatarupiah.co.id ini akan melakukan aksi percepatan penelitian dan penerapan teknologi penggalian data dengan membuat suatu program komputer penggalian data yang dapat dipergunakan oleh seluruh peneliti, dosen, maupun mahasiswa Indonesia untuk tujuan penelitian dengan biaya seminimal mungkin.

Masalah yang ingin diatasi:
Pertama, belum meratanya akses kepada sumber daya manusia di bidang teknologi penggalian data di universitas atau instansi di Indonesia. Saat ini penelitian teknologi penggalian data terkotak-kotak hanya pada beberapa universitas besar di Indonesia yang memiliki kualitas sumber daya manusia dan fasilitas yang jauh lebih baik dibandingkan universitas lainnya. Hal ini dapat menimbulkan ketimpangan kesempatan yang sama bagi para peneliti, dosen, dan mahasiswa baik di universitas maupun instansi lainnya di Indonesia. Kedua, belum adanya kerjasama riset yang terintegrasi antar peneliti di bidang teknologi penggalian data. Hasil studi yang sudah selesai dilakukan oleh seorang peneliti, belum bisa dipergunakan oleh peneliti yang lain dikarenakan mereka bekerja terpisah, terbatas, dan terkotak-kotak di universitas tempat mereka melakukan penelitian.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Kami mengidentifikasi permasalahan pertama, yaitu belum meratanya akses kepada kualitas sumber daya manusia di bidang teknologi penggalian data di universitas-universitas di Indonesia, dapat diselesaikan dengan membentuk suatu forum komunitas yang terintegrasi yang meliputi semua aspek penelitian dan penerapan teknologi penggalian data di Indonesia sehingga terjadi komunikasi antar sumber daya manusia di bidang teknologi penggalian data tanpa memandang dari universitas atau instansi mana mereka berasal. Tim peneliti dalam proyek tambankdatarupiah akan bekerja secara profesional dan sungguh-sungguh untuk membangun suatu program komputer yang didasarkan pada hasil studi dan akan bisa diunduh secara gratis oleh mereka yang berminat meneruskan/mengembangkannya. Hasil studi lanjutan ini akan dipergunakan untuk memperbarui dan meningkatkan kecanggihan aplikasi ini sehingga akan menjadi suatu aplikasi terintegrasi dengan algoritma penggalian data yang lengkap di masa depan. Target:Â Pemerhati teknologi penggalian data di dunia edukasi termasuk peneliti, dosen, dan mahasiswa yang sedang melakukan tugas akhir dan magang. Praktisi teknologi penggalian data di dunia kerja terutama di bidang perbankan/keuangan, manufaktur, dan perdagangan.

Ukuran kesuksesan:
Pertama, popularitas tambankdatarupiah.co.id yang terukur pada Google Analytics, jumlah link yang terkoneksi, serta jumlah anggota yang terdaftar dan tervalidasi. Kedua, frekuensi penggunaan forum yang terukur melalui jumlah posting, jumlah lowongan kerja dan jumlah berita riset yang diunggah. Ketiga, frequensi kontribusi pengembangan aplikasi data mining yang terukur pada jumlah algoritma teknologi penggalian data yang tersedia, jumlah posting hasil studi, diskusi online tentang pengembangan aplikasi, serta jumlah pengunduhan aplikasi dan koleksi sampel data yang tersedia.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas