Cacat Fisik Bukan Berarti Cacat Kreatifitas

627

627 - Cacat Fisik Bukan Berarti Cacat Kreatifitas


Nomor:
627

Inisiator:
Paulus Ganesha Aryo Prakoso

Organisasi:
NA

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Jakarta

Dana:
3 Milyar Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
2 tahun

Deskripsi Proyek:
Sebuah website dan film yang khusus bertujuan untuk memberikan inspirasi kepada orang – orang yang memiliki kekurangan fisik sehingga mereka dapat berbagi pengalaman dan kisah hidupnya serta melatih dan mengembangkan kreatifitas yang mereka miliki agar menjadikan hidup orang – orang yang memiliki kekurangan fisik lebih berarti bagi sekitar lingkungan masyarakat. Juga bisa social media dimana pengguna atau penderita kekurangan fisik membagi foto, video, komentar, atau artikel yang mengenai hal aktivitas mereka.

Masalah yang ingin diatasi:
Selama ini orang yang mengalami kekurangan fisik selalu digolongkan kaum margin dan tidak memiliki kemampuan dalam bersosialisasi, sehingga mereka dianggap kurang kredibilitas dan kapabilitas dalam bekerja. Masalah seperti inilah yang masih terlihat di Indonesia. Padahal orang yang kekurangan fisik masih bisa bekerja dengan pemikirannya. Sehingga seharusya mereka harus diberikan motivasi tinggi agar mereka dapat diterima di dunia kerja dan mampu bersosialisasi seperti manusia normal lainnya. Begitu juga orang yang memiliki fisik yang normal, seharusnya bisa termotivasi setelah melihat semangat dan perjuangan<br /> orang yang memiliki kecacatan fisik. Pada akhirnya tidak ada lagi keterbatasan bagi orang yang memiliki kecacatan fisik dalam bersosialisasi dan bisa merasakan dunia kerja seperti orang normal.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Perlu adanya sarana khusus website melalui artikel, video, foto dan file suara yang bisa dijadikan tempat berbagi pengalaman dan kesuksesan bagi mereka yang memiliki kekurangan fisik. Untuk dijadikan inspirasi yang dapat memotivasi orang mengalami kekurangan fisik yang lain maupun orang normal. Agar semua orang tidak ada lagi yang merasakan keterbatasan dalam diri mereka yang dapat menghambat kreatifitasnya. Lagipula, membuat film yang memerankan orang yang memiliki kekurangan fisik dapat memberikan inspirasi dan motivasi pada orang – orang yang memiliki kekurangan fisik baik masyarakat umum.<br /> <br /> Orang yang mempunyai keterbatasan kemampuan atau disebut penyandang cacat dan masyarakat luas umumnya.

Ukuran kesuksesan:
Setiap seorang penyandang cacat yang mampu dan berhasil membangkitkan kepercayaan diri mereka serta dapat berguna bagi lingkungan sekitar adalah parameter atau tolak ukur keberhasilan 7 program ini.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas