My Tangerang

649

649 - My Tangerang


Nomor:
649

Inisiator:
NA

Organisasi:
Samearth

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
DKI Jakarta

Dana:
500 Juta Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
Januari 2012 – Desember 2012 (Berkelanjutan Mandiri)

Deskripsi Proyek:
My Tangerang adalah portal informasi kota Tangerang yang difokuskan pada kuliner dan tempat-tempat nongkrong yang ada di sekitar kota Tangerang. “Ahh, itu mah sudah biasa..”. Yang menjadikannya tidak biasa adalah portal ini didukung oleh seluruh lapisan masyarakat dan berbagai komunitas yang sudah ada di kota Tangerang. Siapa pun boleh melaporkan, meliput dan membuat ulasan tentang kuliner dan tempat nongkrong yang ada, portal ini mengkedepankan citizen journalism.<br /> My Tangerang tidak hanya berisi informasi tekstual, tetapi My Tangerang bisa berisi gambar, suara, dan video yang diunggah langsung oleh siapa pun dengan menggunakan berbagai jenis alat komunikasi dan dapat disaksikan secara langsung (live report). Pastinya setiap informasi yang diunggah akan terlebih dahulu diverifikasi oleh pihak pengelola portal. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan informasi yang dapat dipercaya kepada pengunjung portal.<br /> My Tangerang akan menjadi portal andalan warga yang berdomisili di kota Tangerang khususnya dan masyarakat di luar kota Tangerang pada umumnya, untuk mendapatkan informasi tempat makan dan nongkrong yang patut dikunjungi dan beragam jenisnya. Informasi tersebut tidak hanya berupa daftar tempat makan dan nongkrong, tetapi berisi kesaksian para pengunjung yang telah mengunjungi tempat tersebut, promosi yang sedang diadakan dan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kuliner dan dunia hiburan di kota Tangerang.

Masalah yang ingin diatasi:
Pembangunan kota Tangerang saat ini terus berkembang dengan pesatnya.Berdasarkan Sensus Tahun 2005, kota Tangerang adalah kota terbesar di Provinsi Banten dan kota ketiga terbesar di kawasan perkotaan Jabodetabek. Saat ini, kota Tangerang memiliki populasi lebih dari 1.5 juta jiwa dan akan terus bertambah.<br /> <br /> Dengan adanya fakta di atas, kota Tangerang saat ini sudah memiliki fasilitas-fasilitas perkantoran yang didukung oleh fasilitas umum seperti rumah sakit, lembaga pendidikan, pusat perbelanjaan, dan tempat-tempat rekreasi. Hal tersebut membuat kota Tangerang semakin menarik untuk dikunjungi. Dengan berkembangnya kota Tangerang, semakin banyak pula tempat kuliner dan tempat untuk bersosialisasi. Atas alasan inilah, dibutuhkan suatu portal yang menyediakan informasi yang lengkap tentang tempat-tempat kuliner dan tempat-tempat bersosialisasi. Informasi yang disajikan oleh portal ini akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya tempat-tempat menarik yang ada di sekitar kota Tangerang.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Pembangunan kota Tangerang saat ini terus berkembang dengan pesatnya. Berdasarkan Sensus Tahun 2005, kota Tangerang adalah kota terbesar di Provinsi Banten dan kota ketiga terbesar di kawasan perkotaan Jabodetabek. Saat ini, kota Tangerang memiliki populasi lebih dari 1.5 juta jiwa dan akan terus bertambah. Dengan adanya fakta di atas, kota Tangerang saat ini sudah memiliki fasilitas-fasilitas perkantoran yang didukung oleh fasilitas umum seperti rumah sakit, lembaga pendidikan, pusat perbelanjaan, dan tempat-tempat rekreasi. Hal tersebut membuat kota Tangerang semakin menarik untuk dikunjungi. Dengan berkembangnya kota Tangerang, semakin banyak pula tempat kuliner dan tempat untuk bersosialisasi. Atas alasan inilah, dibutuhkan suatu portal yang menyediakan informasi yang lengkap tentang tempat-tempat kuliner dan tempat-tempat bersosialisasi. Informasi yang disajikan oleh portal ini akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya tempat-tempat menarik yang ada di sekitar kota Tangerang.<br /> <br /> Portal ini dilengkapi dengan informasi letak kordinat global positioning system (GPS) yang bisa menginformasikan tempat yang dicari kepada pengunjung . Dengan adanya fitur tersebut, pengguna dapat dengan mudah mencari lokasi yang dimaksud dengan alat GPS yang dimiliki oleh pengunjung. Selain fitur yang sudah diterangkan sebelumnya, portal ini juga memiliki fitur yang memberikan poin bagi mereka yang memberikan informasi (kontributor) yang telah divalidasi oleh pihak admin. Poin-poin tersebut nantinya dapat dikumpulkan oleh para kontributor untuk dapat digunakan sebagai potongan harga dan promosi lainnya.<br /> Untuk keberlanjutan proyek ini, di masa yang akan datang portal ini akan mendapatkan dana dukungan dari kontributor-kontributor yang berupa iklan-iklan dan promosi-promosi.

Ukuran kesuksesan:
Jumlah kunjungan<br /> Jumlah penulis<br /> Jumlah kegiatan atau event yang tercatat<br /> Jumlah mitra (yang memberikan diskon, voucher, dan promosi)<br /> Membuat kegiatan tahunan seperti: T’ Fashion Week, T’ Food Week, T’ Culture Week, dan T’ Job Week.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas