Buletin Untuk Informasi Yang Berimbang

663

663 - Buletin Untuk Informasi Yang Berimbang


Nomor:
663

Inisiator:
Aliansi Mahasiswa Papua (AMP)

Organisasi:
Aliansi Mahasiswa Papua (AMP)

Tanggal aplikasi:
16 Sep 2011

Lokasi:
Jawa Barat/Bandung/Kota Bandung

Dana:
250 Juta Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
Tahap pertama melalui dana hibah Cipta Media akan berlangsung selama 6 bulan (Januari-Juni 2012). Dan tahap kedua akan dilakukan secara mandiri.

Deskripsi Proyek:
Proyek ini adalah proyek pembuatan buletin sebagai bahan bacaan bagi masyarakat Papua dan Indonesia tentang setiap peristiwa yang terjadi di Papua berdasarkan fakta sebenarnya. Melalui proyek ini, diharapkan dapat memberikan informasi yang benar dan sesuai kepada masyarakat baik di Papua maupun di Indonesia. Dan terjadinya transfer informasi setiap persoalan di Papua terhadap masyarakat lain di Indonesia.

Masalah yang ingin diatasi:
Pemberitaan media massa lokal maupun nasional terhadap setiap persoalan social yang terjadi di Papua cenderung tidak sesuai dengan kejadian sebenarnya. Juga adanya informasi yang ditutup-tutupi. Dengan adanya Buletin sebagai media baca bagi masyarakakat dapat menjadi sarana sebagai sumber informasi yang lengkap berdasarkan kejadian sebenarnya. Sehingga pemberitaan yang kadang mendiskredikkan orang Papua dapat secara berangsur-angsur terkikis dengan mengetahui kejadian sebenarnya yang melatari adanya gejolak social dalam masyarakat Papua.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Permasalahan keberimbangan pemberitaan media massa lokal maupun nasional terhadap setiap persoalan social di Papua seharusnya telah terjadi sejak era reformasi 1998, namun selama ini hal itu tidak terjadi. Banyak terjadi intervensi terhadap para pencari berita di Papua sehingga setiap pemberitaan cenderung memuat unsur kepentingan untuk tetap menjadikan Papua ladang konflik. Maka, kami hendak mengatasi masalah ini dengan menerbitkan sebuah Buletin baik cetak maupun online sebagai media alternative selain media massa lokal dan nasional yang sudah ada. Upaya menggali informasi dan penerus informasi yang sesuai akan dilakukan dengan melibatkan struktur organisasi yang ada di setiap kota di Papua juga diluar Papua khususnya di Jawa dan Bali dengan terlebih dahulu diadakan pelatihan jurnalisme. Khusus di Jawa dibeberapa kota seperti ; Jakarta, Bandung, Bogor, Jogja, Solo, Malang dan Surabaya.<br /> <br /> Yang diuntungkan: Pihak yang diuntungkan dari proyek ini adalah masyarakat Papua dan umumnya masyarakat Indonesia yang membutuhkan informasi atau berita yang benar tentang setiap kejadian di Papua. Dan mahasiswa Papua yang hendak menuangkan bakat menulisnya.

Ukuran kesuksesan:
Meningkatnya minat baca khususnya masyarakat Papua dengan sedikitnya 100 pelanggan di setiap kota yang ada di Papua dan menjadi media alternative bagi masyarakat karena berita yang akurat.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas