PORTAL VIDEO TUTORIAL PRAKTEK SENI RUPA KREASI GURU

666

666 - PORTAL VIDEO TUTORIAL PRAKTEK SENI RUPA KREASI GURU


Nomor:
666

Inisiator:
SERRUM

Organisasi:
SERRUM

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Jakarta Timur

Dana:
97 Juta Rupiah

Topik hibah:
Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Masa Aktivitas:
Januari 2012 – Desember 2012 (selama 1 tahun).

Deskripsi Proyek:
PRAKTIS Praktek Seni Rupa adalah media online berbasis kependidikan dan kesenirupaan. Kegiatannya meliputi riset, dokumentasi, evaluasi dan produksi bahan-bahan penunjang kegiatan belajar mengajar praktek kesenirupaan baik dilingkungan sekolah ataupun di luar sekolah yang telah berjalan sejak tahun 2007. Dalam proyek ini PRAKTIS memfasilitasi Guru Seni Budaya (Seni Rupa) jenjang SD, SLTP dan SLTA untuk dapat membuat video tutorial praktek seni rupa di beberapa kota yang dipilih terlebih dahulu dengan memanfaatkan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat sebagai bahan penunjang dalam pengajaran dikelas.

Masalah yang ingin diatasi:
Ingin mengajak guru-guru bidang studi seni budaya untuk berkreasi, membuat video tutorial mengenai persoalan lokal kesenirupaan dalam usaha membangun sistem Kegiatan Belajar Mengajar yang berbasis pada pola PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Komunikatif, Efektif dan Menyenangkan). Setelah itu mendistribusikannya melalui web portal Praktis Praktek Seni Rupa yang bisa di akses oleh seluruh guru di Indonesia sebagai forum diskusi dan evaluasi materi pengajaran seni rupa saat ini.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Workshop video tutorial pembelajaran bagi para guru dengan memanfaatkan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat di 5 kota yang telah dipilih sebelumnya, seperti Padang, Jatiwangi, Semarang, Mataram dan Balikpapan. Setelah itu melakukan distribusi secara terbuka kepada publik melalui pembuatan web portal praktis praktek seni rupa sebagai forum diskusi dan evaluasi materi pengajaran seni rupa saat ini.<br /> Yang diuntungkan:<br /> 1. Pihak yang diuntungkan adalah<br /> 2. Para Guru Seni Budaya (Seni Rupa), para pelajar tingkat SD, SLTP, SLTA sampai mahasiswa di 5 Kota di Indonesia, serta para pemerhati media pembelajaran dan masyarakat umum.

Ukuran kesuksesan:
Hasil dari proyek ini mengumpulkan video tutorial yang berhasil dibuat oleh guru-guru senirupa setempat dan selanjutnya membuat sebuah web portal praktis praktek seni rupa yang bisa diakses oleh guru, siswa dan masyarakat umum sebagai forum diskusi dan evaluasi dalam praktek pengajaran seni rupa saat ini. Semakin banyak video tutorial yang dihasilkan dan di distribusikan dapat menumbuhkan kesadaran bagi para pengajar untuk dapat terus menciptakan solusi-solusi kreatif pembelajaran dikelas sehingga dapat menciptakan ruang berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam proses pendidikan.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas