Aldepe.com - Advokasi Hak Asasi Manusia (HAM) di Papua Via Media Online, Mobile Phone dan Social Media

712

712 - Aldepe.com - Advokasi Hak Asasi Manusia (HAM) di Papua Via Media Online, Mobile Phone dan Social Media


Nomor:
712

Inisiator:
Aliansi Demokrasi Untuk Papua (ALDP)

Organisasi:
Aliansi Demokrasi Untuk Papua (ALDP)

Tanggal aplikasi:
16 Sep 2011

Lokasi:
Papua

Dana:
975 Juta Rupiah

Topik hibah:
Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media(ALDP)

Masa Aktivitas:
Program akan di laksanakan selama 1 tahun. (November 2011-November 2012)

Deskripsi Proyek:
Proyek aldepe.com adalah proyek advokasi HAM di Papua berbasiskan media. HAM yang dimaksud bukan hanya hak sipil dan politik (sipol) saja, tapi juga juga hak ekonomi,sosial dan budaya (ecosob) seperti pengelolaan SDA (Sumber Daya Alam), pendidikan, ekonomi dan kesehatan. Sementara, media yang dimaksud adalah media online, mobile phone dan social media seperti twitter, facebook dan lain-lain. Proyek ini menyempurnakan media advokasi ALDP sebelumnya yaitu www.aldepe.com yang saat ini masih berbasiskan media online.<br /> <br /> Pemanfaatan berbagai media ini dalam rangka memperluas penyebaran informasi yang tujuan akhirnya memperluas dukungan publik terhadap proses advokasi HAM di Papua. Selain itu pemanfaatan berbagai media ini juga bisa jadi solusi atas berbagai hambatan proses diseminasi informasi di Papua seperti hambatan geografis serta pembatasan informasi di Papua yang selama ini masih dilakukan pemerintah.<br /> <br /> Melalui proyek ini juga informasi yang akan disajikan tak hanya berbentuk teks tapi juga images dan video. Selain untuk memperkuat pengaruh sebuah pesan, images dan video diharapkan juga bisa jadi solusi atas tingkat literasi warga Papua yang masih rendah serta persoalan belum akrabnya sebagian warga Papua dengan teknologi informasi.<br /> <br /> Proyek aldepe.com ini juga akan mensupport kerja-kerja advokasi HAM yang dilakukan ALDP serta NGO lainnya di Papua.

Masalah yang ingin diatasi:
• Kasus pelanggaran HAM di Papua masih tinggi. Berbagai kasus ini tak pernah tuntas diselesaikan pemerintah. Padahal penyelesaian kasus HAM jadi salahsatu solusi menciptakan Papua Tanah Damai.<br /> • Advokasi HAM Papua mutlak perlu dukungan publik yang luas. Tapi hal ini sulit diraih, karena pemerintah melakukan restriksi informasi. Misalnya, media asing dilarang melakukan kerja jurnalistik. Halaman-halaman koran lokal dibeli pemerintah sehingga informasi dimonopoli.<br /> • Situasi geografis Papua serta rendahnya tingkat literasi warga juga jadi hambatan lain bagi proses diseminasi informasi.<br /> • Media nasional hanya fokus pada kasus yang highprofile seperti kekerasan aparat keamanan. Itu pun pemberitaannya kerap tak kontinyu. Sementara berita soal hak Ecosob seperti pengelolaan sumber daya alam, pendidikan, ekonomi dan kesehatan terabaikan karena dianggap tak punya news value yang tinggi.<br /> • Minimnya kesadaran di kalangan civil society di Papua untuk memanfaatkan media sebagai sarana advokasi. Dari sekitar 184 LSM di Papua hanya 15 lembaga yang memiliki website. Itupun kebanyakan informasinya tak update dan hanya copy paste dari media umum.<br /> <br /> Menimbang hambatan dan persoalan diatas, proyek ini bertujuan:<br /> • Menyajikan informasi HAM di Papua yang akurat, mendalam dan kontinyu sehingga bisa dimanfaatkan buat kepentingan advokasi.<br /> • Mengatasi berbagai hambatan diseminasi informasi seperti restriksi informasi, faktor geografis serta rendahnya tingkat literasi warga.<br /> • Meraih dukungan publik yang lebih luas terhadap gerakan advokasi pelanggaran HAM di Papua.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Keberhasilan proyek aldepe.com tergantung pada tiga hal: Kualitas pengelola, pilihan jenis media serta content media. Karenanya:<br /> • Redaksi aldepe.com mempunyai skill jurnalistik, punya pengetahuan HAM serta faham teknologi.<br /> • Media aldepe.con adalah mediaonline, mobile phone serta social media. Informasi yang disajikan berbentuk teks, images dan video. Format images serta videonya dipilih yang mudah diakses mobile phone. Hal-hal tadi bertujuan untuk mengatasi berbagai halangan yang telah disebut sebelumnya. Contohnya warga di daerah terpencil yang tak punya akses internet bisa tetap mendapatkan berita melalui mobile phone. Bagi warga yang tingkat literasinya rendah bisa tetap mendapatkan informasi berupa images dan video. Sebagian informasi di aldepe.com, baik di website maupun sosial media, juga akan diterjemahkan kedalam bahasa Inggris sehingga bisa menjangkau audince masyarakat internasional.<br /> • Content aldepe.com menyajikan berita serta laporan mendalam soal HAM bidang sipol dan ecosob. Selain itu, kerja advokasi HAM yang dilakukan civil society di Papua akan diinformasikan secara kontinyu. Updating informasi akan dilakukan secara berkala. Seluruh informasi berbentuk teks dan images diupdate setiap hari. Sementara video diupdate setiap minggu. Untuk menjaga kualitas content sebelum peliputan dan sesudah peliputan selalu diadakan diskusi untuk memastikan keakuratan informasi serta informasi yang disajikan punya prespektif HAM yang benar.<br /> <br /> Yang diuntungkan:<br /> • Masyarakat Papua dan Papua Barat.<br /> • NGO(lokal, nasional dan Internasional).<br /> • Masyarakat internasional seperti NGO serta lembaga riset Internasional dan pihak kedutaan Asing yang menaruh minat terhadap permasalahan di Papua.<br /> • Para Jurnalis di lokal Papua, nasional dan Internasional<br /> • Pemangku kepentingan lokal dan nasional yang ingin mendapatkan informasi sebagai bahan perbandingan untuk dipergunakan sebagai referensi untuk merumuskan kebijakan di Papua.

Ukuran kesuksesan:
Melalui monitoring dan evaluasi program yang dilaksanakan secara berkala dengan melibatkan internal staf dan stakeholder lainnya dalam hal ini jaringan/mitra kerja ALDP. Untuk proses monitoring akan dilaksanakan setiap awal bulan melalui rapat dengan tujuan adanya perbaikan dan pengayaan terutama mengenai prioritas dan isi berita, cara pemberitaan dan tampilannya. Untuk evaluasi akan dilaksanakan setiap 3 bulan sekali untuk membahas content, tampilan dan kinerja staf, output program dan dampak program serta rencana keberlanjutan.<br /> Indikator keberhasilan program ini :<br /> • Meningkatnya jumlah informasi yang disajikan.<br /> • Meluasnya cakupan wilayah peliputan.<br /> • Meningkatnya Jumlah pengakses informasi aldepe.com yang terferifikasi melalui alexa.com.<br /> • Meningkatnya dukungan publik terhadap kerja advokasi yang dilakukan ALDP dan NGO lainnya.<br /> • Informasi aldepe.com jadi referensi berbagai pihak termasuk para pemangku kepentingan lokal dan nasional dalam merumuskan kebijakan.