PAUD Berbasis Kurikulum Multikulturalisme melalui Penggunaan Media Tradisional Lokal

715

715 - PAUD Berbasis Kurikulum Multikulturalisme melalui Penggunaan Media Tradisional Lokal


Nomor:
715

Inisiator:
UKSW (Universitas Kristen Satya Wacana) Salatiga, Jawa Tengah

Organisasi:
UKSW (Universitas Kristen Satya Wacana) Salatiga, Jawa Tengah

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Salatiga, Jawa Tengah

Dana:
150 Juta Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
Januari 2012 – Desember 2012 (satu tahun)

Deskripsi Proyek:
PAUD berbasis multikulturalisme bertujuan mempersiapkan anak usia dini untuk memiliki wawasan multikultural, sehingga terbentuk karakter percaya diri dan toleran terhadap perbedaan. Pengembangan pendidikan yang berbasis budaya majemuk (multikultural) menjadi sesuatu yang penting, karena perkembangan kesadaran eksistensi diri pada anak mulai tumbuh pada usia dini.<br /> Kegiatan ini berupa penyusunan aktifitas-aktifitas yang berbasis multikultural bagi pendidikan anak usia dini. Aktifitas-aktifitas ini akan menggunakan media tradisional lokal seperti permainan anak-anak di daerahnya agar mudah dipahami dan dapat dimengerti anak usia dini.<br /> Kegiatan lainnya adalah memberikan pelatihan-pelatihan kepada kader Pos PAUD mengenai konsep multicultural, yang berdasarkan pada pembentukan karakter percaya diri dan toleran.

Masalah yang ingin diatasi:
Adanya intoleransi di kalangan masyarakat saat ini juga makin terkikisnya budaya lokal. Sehingga melalui kegiatan ini, dalam diri anak-anak usia dini terbentuk karakter percaya diri dan toleran terhadap perbedaan.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
• Menyusun kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang multicultural. Kegiatan-kegiatan tersebut juga bertujuan meningkatkan karakter percaya diri dan toleran<br /> • Pelatihan tentang pendidikan multiculturalism bagi kader Pos PAUD maupun Guru-guru PAUD<br /> • Pengaplikasikan pendidikan multiculturalism bagi anak-anak usia dini<br /> <br /> Dinas Pendidikan Wilayah Salatiga, Kader Pos PAUD, Guru-Guru PAUD dan anak-anak usia dini di Subosukowonosraten

Ukuran kesuksesan:
• Pemahaman kader Pos PAUD dan Guru-guru PAUD tentang kurikulim berbasis multikulturalisme bagi anak usia dini<br /> • Diterimanya topik-topik tentang multikulturalisme oleh anak-anak usia dini<br /> • Terbentuknya buku tentang aktifitas yang bertujuan membetuk karakter toleran dan percaya diri.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas