Border Blogger Movement

719

719 - Border Blogger Movement


Nomor:
719

Inisiator:
Borneo Blogger Community

Organisasi:
Borneo Blogger Community

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Pontianak

Dana:
350 Juta Rupiah

Topik hibah:
Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Masa Aktivitas:
Januari – Juni 2011 (6 bulan)

Deskripsi Proyek:
Proyek ini berbentuk Fasiliasi komunitas bloger perbatasan Kalimantan Barat, untuk menyuarakan permasalahan-permalahan perbatasan langsung dari warga, terutama untuk early warning sistem. Para blogger di perbatasan bisa melaporkan langsung melalui teknologi HP (dengan SMS pendek dengan unsure 5W+H) atau membulish-nya di situs blog pribadi yang langsung terintegrasi pada aggregate situs blog komunitas perbatasan. Aktivitas proyek ini berupa pelatihan blog dan jurnalisme warga bagi warga perbatasan.

Masalah yang ingin diatasi:
Kalimantan Barat luasnya, 1 setengah kali pulau jawa, dan berbatasan langsung dengan Negara Sarawak Malaysia. Perbatasan Kalbar masih terisolir dan akibatnya banyak persoalan yang bukan saja terlambat dideteksi, tetapi juga tidak terpantau oleh pemerintah pusat dan para pengambil keputusan. Sementara media mainstream tidak mampu meng-cover semua kawasan perbatasan Negara. Perbatasan yang seharusnya menjadi etalase atau pintu gerbang bangsa, masih saja semerawut, tak lebih baik dari dapur orang Jakarta. Tak heran kalau ada 60% warga kecamatan Puring Kencana memiliki KTP Malaysia, warga Entikong ramai-ramai pindah menjadi warga Sarawak, pencaplokan batas Negara, pengibaran bendera Malaysia tanggal 17 Agustus 2011 lalu di Kecamatan Ketungau Hulu, illegal trading, illegal logging, trafficking, TKI illelgal, peredaran narkoba, terorisme, HIV/AIDS dan lain sebagainya.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Gerakan blogger perbatasan akan memantu mendeksi secara dini persoalan-persoalan di perbatasan, dengan aktif melaporkannya dengan teknologi yang sederhana yaitu HP dengan layanan SMS (dengan rumus 5W+H), MMS, video, fhoto dengan metode jurnalisme warga yang hasilnya bisa langsung dipublish di weblog mereka masing-masing yang juga terintegrasi ke situs aggregate weblog komunitas bloger perbatasan.<br /> Untuk itu para blogger di sepanjang perbatasan yang tersebar di 5 kabupaten Kalbar perlu di fasilitasi, ditingkatkan kapasitasnya dan dilatih, bagaimana memaksimalkan teknologi, terutama HP, untuk melaporkan berbagai peristiwa di perbatasan<br /> <br /> Masyarakat Perbatasan yang tersebar di 15 Kecamatan di 5 Kabupaten, Provinsi Kalimantan Barat

Ukuran kesuksesan:
1. Terpublishnya 1 situs aggregate komunitas bloger perbatasan<br /> 2. Terpublikasinya minimal 15 weblog warga perbatasan Kalimantan Barat-Sarawak.<br /> 3. Terlatihnya 15 blogger perbatasan yang pandai dan aktif menulis di weblog agregat komunitas bloger perbatasan.<br /> 4. Terpublikasinya minimal 15 tulisan di media cetak lokal maupun nasional tentang perbatasan yang ditulis para blogger perbatasan<br /> 5. Minimal ada 1 buku esai foto karya bloger perbatasan.