Literasi Media Melalui Pengembangan Media dan Informasi lokal di Kalangan Pemuda Bantul Berbasis Mengenal Desa Sendiri

735

735 - Literasi Media Melalui Pengembangan Media dan Informasi lokal di Kalangan Pemuda Bantul Berbasis Mengenal Desa Sendiri


Nomor:
735

Inisiator:
Lembaga Kajian Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama (LAKPESDAM-NU) Bantul

Organisasi:
Lembaga Kajian Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama (LAKPESDAM-NU) Bantul

Tanggal aplikasi:
16 Sep 2011

Lokasi:
Bantul, Yogyakarta

Dana:
280 Juta Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
12 Bulan, Januari s/d desember 2012

Deskripsi Proyek:
Http://forumwarga.net adalah proyek rintisan pengelolaan Saluran Informasi Warga (Siwa). Melalui portal ini, Lakpesdam-NU Bantul tidak hanya ingin memberikan saluran informasi terbuka bagi warga, tetapi juga mengarusutamakan konten lokal dan melakukan literasi media. Proyek ini dirancang untuk melakukan literasi media pada kalangan pemuda di wilayah Kabupaten Bantul sekaligus untuk melibatkan mereka dalam pengelolaan informasi lokal berbasis pedesaan. Tujuan akhir dari literasi media pada proyek ini adalah terciptanya kesadaran pemuda untuk melakukan tindakan langsung untuk memberikan masyarakat informasi yang dibutuhkan terkait dengan wilayah Bantul. Proyek ini akan melibatkan pemuda untuk memetakan pengetahuan di wilayah pedesaan Bantul, sekaligus mengarusutamakannya melalui portal forumwarga.net dan media lokal lainnya, serta melalui jaringan radio komunitas yang terdapat di wilayah Bantul.

Masalah yang ingin diatasi:
Ketersediaan informasi dalam media arusutama kerap mengabaikan kebutuhan masyarakat akan konten pengetahuan lokal. Akibatnya, perlahan pengetahuan lokal tergantikan oleh pengetahuan umum yang terkadang tidak sepenuhnya dibutuhkan oleh masyarakat lokal. Masyarakat lokal membuthkan sebuah upaya untuk secara kritis memilih informasi, sekaligus mengelola sendiri informasi untuk menjamin keberadaan pengetahuan lokal. Kepunahan pengetahuan lokal, termasuk pada tingkat desa, perlu menjadi perhatian tersendiri, salah satunya adalah dengan melibatkan warga secara aktif terlibat dalam pendokumentasian pengetahuan lokal dan pengelolaan informasi terkait.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
1. Melakukan pendidikan kritis terhadap media<br /> 2. Mengembangkan pendekatan Mengenal Desa Sendiri sebagai metode pelibatan masyarakat dalam pengelolaan pengetahuan desa yang dapat digunakan secara lebih luas<br /> 3. Melibatkan pemuda di pedesaan Bantul dalam pengelolaan pengetahuan dan informasi<br /> 4. Mendorong terjadinya koordinasi dan kerjasama antar media komunitas lokal Bantul dalam pengelolaan informasi<br /> 5. Mengembangkan forumwarga.net sebagai salah satu saluran rujukan informasi lokal tentang bantul<br /> 6. Pelibatan warga dalam pemetaan potensi dan pengetahuan lokal di wilayah pedesaan<br /> Pihak yang diuntungkan adalah pemuda di 20 Desa di Bantul, masyarakat Bantul sebagai penerima manfaat informasi, jaringan media komunitas di Wilayah Bantul, masyarakat pedesaan lain pengguna Metode Mengenal Desa Sendiri, dan pengakses informasi melalui forumwarga.net.

Ukuran kesuksesan:
1. Terciptanya komunitas di 20 Desa yang melakukan pemetaan dan pengelolaan pengetahuan desa<br /> 2. Konten berkala dan berkelanjutan pada portal forumwarga.net (100 tulisan setiap bulan)<br /> 3. Terdokumentaskannya pengetahuan lokal di 20 Desa di Bantul<br /> 4. Keterlibatan setidaknya 5 media komunitas lokal di Bantul dalam pengelolaan informasi<br /> 5. Catatan pengakses portal melalui catatan google analityc dan alexa<br /> 6. Tersedianya panduan Pemetaan pengetahuan desa Melalui MDS yang dapat digunakan secara lebih luas

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas