Bekai – Bicara Keadilan Sosial

747

747 - Bekai – Bicara Keadilan Sosial


Nomor:
747

Inisiator:
Lexy Rambadeta

Organisasi:
offstream

Tanggal aplikasi:
16 Sep 2011

Lokasi:
Jakarta

Dana:
373 Juta Rupiah

Topik hibah:
Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Masa Aktivitas:
Januari 2012 – Januari 2013

Deskripsi Proyek:
Bekai adalah bahasa masyarakat Malind di Merauke dan sekitarnya.<br /> Artinya: hati (simbol cinta kasih)<br /> <br /> Proyek ini pada intinya membumikan pemahaman Hak Asasi Manusia, menjadi nyata dalam kehidupan sehari-hari.<br /> Menyebarkan seri video mengenai apa itu Hak Asasi Manusia (HAM), mendiskusikan-mendebat-dan memberi kontribusi untuk HAM dengan berbagai kebijakan lokal di Indonesia.<br /> Sasaran utama adalah pengguna ponsel yang bisa menerima/mengirim video tanpa internet.<br /> Sasaran kedua adalah pengguna ponsel dengan internet dan ponsel pintar (smartphone).<br /> Sasaran ketiga adalah pengguna internet pada umumnya.<br /> Konten-konten pilihan akan menjadi materi dalam www.bekai.org

Masalah yang ingin diatasi:
Kami ingin Hak Asasi Manusia menjadi hal yang nyata dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam peristiwa yang dialami setiap orang secara personal maupun kelompok. Arsip video kami menunjukkan mayoritas orang di Indonesia, dari wakil presiden, menteri, guru besar, peneliti, sampai ke masyarakat kebanyakan, belum paham perbedaan antara pelanggaran HAM dan pelanggaran hukum. Ini menunjukkan interpretasi yang salah mengenai HAM. HAM belum dipahami, bahkan ditolak. Aktivis HAM juga kesulitan untuk menjelaskan apa itu HAM, mungkin karena belum memiliki alat berupa video yang bisa menjelaskan apa itu HAM dengan sederhana dan jelas, dan juga melibatkan pendapat masyarakat.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Video adalah medium yang merangsang orang untuk memahami dan membicarakan sesuatu. Kami akan memproduksi video berseri, setiap video berdurasi di bawah satu menit. Dan kami akan memproduksi minimum 30 judul/tema. Isinya adalah penjelasan yang sederhana, lucu, jelas, menarik mengenai:<br /> <br /> 1. Apa itu Hak Asasi Manusia, dan turunan-turunannya, misalnya: video mengenai manusia/warganegara Indonesia yang juga terlahir merdeka dan setara, manusia/warganegara Indonesia tidak boleh disiksa, dll.<br /> 2. Video peristiwa sehari-hari di Indonesia dengan sudut pandang Hak Asasi Manusia.<br /> Kemudian kami akan menyebarkan serial video, yang masing-masing berdurasi maksimum satu menit itu, ke bermacam ponsel dan smartphone. Dan menyebarkannya melalui youtube, facebook, vimeo, beoscope, engamedia, dll. Kami merancang strategi agar penerima video meneruskan video itu ke ponsel -ponsel lain dan/atau ke orang-orang lain. Bahkan videonya bisa di download dengan kualitas tinggi, untuk kemudian diproyeksikan ke layar besar. Pengguna internet juga bisa melihat/download serial video itu di website www.bekai.org. Dan difasilitasi untuk memberi komentar/tanggapan/pertanyaan dalam bentuk suara/video//teks.<br /> Pada gilirannya, pengguna akan terlibat dalam produksi video berikutnya. Dalam tahap ini, disediakan hadiah dengan periode harian, mingguan, bulanan, tiga bulanan, akan diberikan kepada orang-orang yang paling banyak berinteraksi.<br /> <br /> Pihak yang menerima manfaat adalah pengguna berbagai macam ponsel/smartphone/dll., aktivis, dan jurnalis.

Ukuran kesuksesan:
1. Semester pertama (penyebaran video):<br /> Jumlah video yang disebarkan dari ponsel ke ponsel, dan jumlah video yang ditonton/didownload di website.<br /> 2. Semester kedua (interaktif):<br /> Jumlah komentar/tanggapan/pertanyaan yang berupa suara atau video atau teks.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas