Mendokumentasikan Kecantikan Indonesia

790

790 - Mendokumentasikan Kecantikan Indonesia


Nomor:
790

Inisiator:
Atika Pratika

Organisasi:
Indonesia Cantik

Tanggal aplikasi:
16 Sep 2011

Lokasi:
Yogyakarta

Dana:
600 Juta Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
Januari – Desember 2012

Deskripsi Proyek:
Membuat sebuah situs budaya dan pariwisata yang berisi keanekaragaman budaya lokal dan potensi wisata yang selama ini terabaikan dalam pembangunan nasional. Informasi tersebut akan ditampilkan dalam dua versi yakni tulisan feature dan dalam bentuk audio-visual.

Masalah yang ingin diatasi:
Selama ini banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui banyak tentang budaya di daerahnyal dan kearifan lokalnya. Kehadiran televisi telah membuat geransi muda lebih menikmati budaya popular yang materialistik dan konsumtif. Selain budaya, pariwisata di daerah juga terabaikan. Padahal banyak potensi wisata yang menarik tapi tidak disosialisasikan dengan baik. Adanya situs ini akan menjembatani masalah tersebut sehingga mata generasi muda akan terbuka dan lebih mencintai budayanya dan membagakan ;potensi wisatanya.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Kami akan mengajak masyarakat, khususnya para wartawan di daerah untuk berkontribusi menggali kearifan lokal budaya dan potensi wisata di daerahnya. Berita dalam bentuk feature dan audio-visual akan ditayangkan disitus kami, dan juga disebarluaskan ke youtube dan jejaring sosial yang ada. Dengan cara itu masyarakat kita akan lebih menhargai budaya lokalnya serta membagakan wisatanya.<br /> Pihak yang diuntungkan adalah daerah yang masih terbatas akses informasinya untuk menyebarluaskan potensi daerahnya baik dari sisi budaya maupoun pariwisata. Dengan demikian, keadaan masyarakat setempat akan menjadi perhatian publik dan juga pemerintah.

Ukuran kesuksesan:
Banyaknya kontributor yang mengirimkan beritanya tentang budaya dan potensi wisata di daerahnya, minimal seminggu 2 berita menarik.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas