www.wordsmartcenter.com: Connecting Citizen Journalist

795

795 - www.wordsmartcenter.com: Connecting Citizen Journalist


Nomor:
795

Inisiator:
Yamin Efendi

Organisasi:
Word Smart Center

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Garut, Jawa Barat

Dana:
250 Juta Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
Januari 2012 – Januari 2013

Deskripsi Proyek:
Proyek ini adalah sebuah komitmen menyampaikan suara publik dan isu-isu local yang luput dari liputan media mainstream melalui www.wordsmartcenter.com sebagai website media kolaboratif dan partisipatoris. Agar media ini memiliki pengelola dan citizen journalist, maka perlu ada pelatihan citizen journalism. Dan selanjutnya, alumninya membentuk jaringan sekaligus tim intruktur untuk melakukan pelatihan berkesinambungan.

Masalah yang ingin diatasi:
1. Belum teroptimalnya website www.wordsmartcenter.com sebagai media penghubung pegiat jurnalistik warga, terutama para alumni Sekolah Menulis SMART WSC;<br /> 2. Belum terbentuk tim manajemen/pengelola website www.wordsmartcenter.com;<br /> 3. Masih rendahnya kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap citizen journalism.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
1. Membangun kembali website www.wordsmartcenter.com;<br /> 2. Membentuk tim manajemen/pengelola website www.wordsmartcenter.com;<br /> 3. Mengadakan pelatihan untuk menciptakan para citizen journalist, intruktur/mentor, dan buku panduan.<br /> Pihak yang diuntungkan adalah para alumni sekolah menulis SMART WSC sebanyak lebih dari 120 orang, anggota milis WSC 1443 member dan anggota group fb sebanyak 1300 member; para pelajar dan mahasiswa di berbagai sekolah di Jawa, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi; serta WNI secara umum, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Ukuran kesuksesan:
1. Terbangunnya website www.wordsmartcenter.com sebagai media penghubung para pecinta buku dan jurnalis warga WNI;<br /> 2. Terbentuknya tim manajemen/pengelola website ww.wordsmartcenter.com;<br /> 3. Terselenggara Pelatihan Citizen Journalism di beberapa kota di pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi;<br /> 4. Terbangunnya jaringan para pecinta buku dan citizen journalist WNI di seluruh penjuru dunia, terutama di Indonesia dan Mesir;<br /> 5. Terbentuknya tim instruktur/mentor pelatihan citizen journalism;<br /> 6. Terbitnya buku panduan citizen journalism;<br /> 7. Terselenggaranya pelatihan menulis dan jurnalistik warga di RUMAH.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas